-->

Mudahkan Perjalanan, Lubang di Jalan Poros Kampung Suaran Mulai Ditambal Sulam

Posted by marta on 7 November 2017



SAMBALIUNG, PORTALBERAU- Infrastruktur jalanan yang bagus tentu akan memudahkan segala aktivitas masyarakat sekitarnya. Apalagi jika jalanan itu menghubungkan dengan banyak kecamatan lain, tentunya menjadi fasilitas yang sangat vital.

Seperti jalan poros menuju Kampung Suaran dan sekitarnya. Jalanan yang menghubungkan Kecamatan Sambaliung dengan beberapa kecamatan lain ini, sungguh memprihatinkan. Apabila melintasinya dengan menggunakan mobil, sudah pasti pengendara akan merasakan sensasi bergoyang, tak jarang jalanan ini menjadi penyebab utama ‘mabuknya’ penumpang. Adapun melintasi jalanan ini dengan motor, resiko terjatuh juga sangat besar, apalagi di malam hari karena jalanan masih minim penerangan. 

Namun sekarang, hampir seluruh bagian berlubang yang menjadi ancaman bagi pengendara, mulai dibenahi dengan tambal sulam beton secara bertahap. Tambal sulam beton ini merupakan bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Berau Coal, untuk masyarakat Kampung Bebanir Bangun dan Kampung Suaran. 

Sebab kesulitan akibat akses jalan yang berlubang hampir disetiap sisinya ini, juga membuat kegiatan ekonomi masyarakat kadang terganggu. Seperti yang dirasakan Jupri, salah seorang warga Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, yang merupakan seorang pedagang sembako. 


Jupri kerap membeli segala stok kebutuhan dagangannya di Tanjung Redeb, yang artinya dari Biduk-Biduk ia selalu melintas di jalanan itu. Terkadang, akibat jalanan yang ‘berantakan’ dan banyak lubang, beberapa barang yang ia bawa menjadi rusak. 

“Saya seringkali bawa sembako dari Tanjung Redeb ke Biduk-Biduk. misalnya ada beberapa barang yang rentan pecah seperti telur maupun jenis-jenis kaca,” ungkapnya. 

Namun dengan mulainya perbaikan jalan menuju Kampung Suaran, akan mempermudah akses menuju Biduk-Biduk dan sekitarnya, sehingga baik masyarakat yang di Kecamatan Sambaliung maupun kecamatan lain yang melalui Kampung Suaran, dapat lebih mudah beraktivitas.

“Kalau sudah diperbaiki yang lubang-lubangnya, pasti perjalanan akan menjadi lancar. Jadi kami sangat berterima kasih dengan PT Berau Coal atas perbaikan jalanan ini, semoga ke depan dapat memperbaiki akses jalan lain yang masih banyak berlubang,” lanjut pria yang juga bekerja sebagai supir travel ini.


Tak hanya Jupri, perasaan senang juga dirasakan Heri, salah seorang pengendara motor yang mengatakan perbaikan jalanan poros ini memang sangat penting dan utama. Sebab, tidak hanya masyarakat lokal, namun cukup banyak wisatawan yang mengeluhkan kondisi jalan menuju berbagai destinasi wisata di pesisir selatan ini. 

“Kalau musim liburan kan banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke wisata misalnya labuan cermin atau pemandian air panas dan air terjun, itu kan kalau dari Tanjung Redeb, harus melewati jalanan ini. Jadi dengan diperbaikinya lubang-lubang jalanan ini, tentunya akan memudahkan juga bagi masyarakat lain, bukan cuma yang ada di sekitar Kampung Suaran sendiri,” tandasnya.

Perbaikan jalan poros menuju Kampung Suaran, telah dilaksanakan sejak beberapa hari lalu dengan proses tambal sulam beton. (Tim/Advetorial)

» Terimakasih telah membaca: Mudahkan Perjalanan, Lubang di Jalan Poros Kampung Suaran Mulai Ditambal Sulam

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 07, 2017

0 comments :

Post a Comment