-->

Tapal Batas Empat Kecamatan Sudah Jelas

Posted by marta on 26 July 2018

TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU– Persoalan tapal batas antar kampung yang menjadi masalah sejak lama, diupayakan segera terselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten Berau. Target 2020 mendatang masalah ini akan sudah selesai. 


Saat ini sudah ada empat kecamatan yang telah diselesaikan batas kampungnya yaitu Segah dengan 11 kampung, Biduk-biduk 7 kampung, Biatan 10 kampung dan Maratua 4 kampung. Dalam penetapan ini Pemerintah Daerah pun telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk masing-masing kampung tersebut.
Kepala Bagian Pertanahan Sekretariat Daerah Berau, Said Dahrun menyampaikan, setelah empat kecamatan ini diselesaikan maka pihaknya akan melanjutkan untuk Kecamatan Pulau Derawan. 

“Akhir Desember nanti sudah bisa kita ajukan usulan. Semoga ini berjalan lancar tanpa kendala di lapangan. Tapal batas ini akan kita selesaikan bertahap dan dilakukan per kecamatan,” ujarnya.

Ia juga meminta agar masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membantu mempercepat penyelesaian tapal batas ini. Misalnya, untuk persoalan internal yang terjadi di masyarakat bisa diselesaikan terlebih dahulu, agar pemerintah lebih mudah dan cepat menetapkan penetapan tapal batas ini.

“Selama ini yang menjadi persoalan adalah masyarakat takut kalau tanahnya terpotong karena batas yang ditetapkan, padahal tanah ini tetap miliknya asal memiliki dokumen yang lengkap. Cuma persoalan administrasi saja yang berbeda karena tanahnya berada di kampung sebelah. Tapi mengenai hak kepemilikan tetap. Ini juga sering kita sampaikan pada saat kunjungan ke lapangan,” imbuhnya.

Tapal batas antar kampung ini sangatlah penting, karena dengan adanya tapal batas ini akan memberikan kemudahan juga bagi pemerintah kampung itu sendiri, seperti penyusunan profil kampung dan penyusunan rencana pembangunan. 

“Kita juga bisa menyusun untuk profil daerah dalam menjalankan berbagai rencana pembangunan. Tentu kita akan berupaya semaksimal mungkin sehingga target penyelesaian pada tahun 2020 mendatang bisa tercapai,” pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Tapal Batas Empat Kecamatan Sudah Jelas

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 26, 2018

0 comments :

Post a Comment