-->

Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik, Ini Instruksi Bupati Kepada OPD

Posted by PORTALBERAU on 24 June 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Bupati Muharram menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Berau berkomitmen nyata dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik. Karena menurutnya masyarakat harus mengetahui secara pasti mengenai program kerja yang saat ini dilakukan pemerintah serta pencapaian dan progres program-program apa saja yang masih dalam tahapan.Sehingga perkembangan pembangunan dapat diketahui secara pasti.

Muharram menyatakan bahwa mulai dari perencanaan hingga hasil pembangunan harus dapat diketahui oleh masyarakat. Ia menilai dengan informasi yang terbuka ini tentu masyarakat dapat melihat sudah sejauh mana perkembangan di Bumi Batiwakkal. Tak hanya masyarakat di Berau saja, tapi masyarakat dari luar daerah juga dapat melihat perkembangan yang ada. Fasilitas serta kondisi terkini di Berau dapat dilihat secara jelas.


Dalam mewujudkan hal ini, Muharram pun mendorong agar seluruh OPD dapat memiliki website sendiri. Di dalamnya diisi berbagai informasi mengenai program kerja dari OPD tersebut serta profil dan target yang akan dicapai. Dengan informasi ini, maka masyarakat dapat melihat apa saja yang sudah dijalankan dan perkembangan yang dicapai.

“Jadi masyarakat dapat mengetahui pasti. Tinggal mengakses website dari OPD tersebut, di dalammnya berisi berbagai informasi yang diperlukan oleh masyarakat. Mulai dari anggaran hingga proyek yang sedang dikerjakan. Ini lah kondisi real yang disebut keterbukaan publik,” tegasnya.

Ditengah perkembangan teknologi saat ini, ia menilai bahwa website ini menjadi bagian dalam penyaluran informasi kepada masyarakat. Dalam pembuatannya, Muharram mengatakan bahwa saat ini pengerjaannya pun cukup mudah. Oleh karena itu, ia memberikan target kepada seluruh OPD untuk membuat website dan menjalankannya. Website ini lah nantinya menjadi perpanjangan tangan pemerintah kepada masyarakat.

“Saya juga ingatkan agar website ini jangan hanya sekedar dibuat saja tapi dijalankan juga dan diupdate terus. Karena ada beberapa OPD yang saya lihat masih tidak update datanya,” jelasnya.

Dengan penerapan ini, dikatakan Muharram merupakan bagian dalam realisasi kabupaten pintar. Dimana harapannya, dalam waktu beberapa tahun kedepan Berau dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

"Saat ini sudah jaman canggih. Kita harus dapat mengikuti perkembangan yang ada. Manfaatkan teknologi yang ada dan kembangkan serta terapkan sebagai bagian dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik, Ini Instruksi Bupati Kepada OPD

Related Posts

Portal Berau Updated at: June 24, 2019

0 comments :

Post a Comment