-->

Tim SAR PT Berau Coal Beri Materi Kepada Peserta Raimuna Cabang Gerakan Pramuka

Posted by PORTALBERAU on 30 August 2019


TELUK BAYUR, PORTALBERAU- PT Berau Coal mengambil bagian dari acara Raimuna Cabang kegiatan Pramuka Penegak Pandega. PT Berau Coal melalui Tim Emergency Response Group (ERG) diminta oleh panitia untuk memberikan materi terkait  Search And Rescue (SAR) kepada para peserta yang berkemah di Bumi Perkemahan Mayang Mangurai, Kecamatan Teluk Bayur.


Ketua Pelaksana Raimuna Cabang Kwarcab Berau, Ajis Mansyah mengatakan jika pihaknya berterimakasih kepada PT Berau Coal yang sudah mensupport kegiatan tersebut dengan memberikan penjelasan terkait SAR.

"Kegiatan ini sangat berguna bagi para siswa , yang jelasnya bisa menambah wawasan mereka dan semoga bisa diterapkan," ungkapnya

Ajis menambahkan, Pramuka tak jarang memiliki kegiatan yang bersentuhan langsung dengan alam. Materi ini sangat penting jika mereka sedang berada di situasi-situasi tertentu. 

"Setidaknya pembelajaran ini berguna bagi diri mereka sendiri, dan bisa tau apa yang harus mereka lakukan di lapangan," ucapnya. 

Sementara itu, Incident Commander Site LMO, Armansyah menjelaskan jika materi yang diberikan kepada para peserta ini merupakan materi umum maupun materi inti. Penjelasan kepada para peserta dilakukan dengan memperkenalkan SAR terlebih dahulu hingga ilmu SAR yang dikembangkan untuk menangani situasi darurat (tersesat atau hilang), atau tertimpa musibah saat melakukan penjelajahan di alam bebas. Penekanan ESAR  lebih pada teknik pencarian yang dikerjakan oleh SRU Darat (Ground Unit) sehingga Navigasi Gunung menjadi sesuatu yang mutlak untuk dikuasai.

“Fokus utama kami memberikan pelatihan dan penjelasan untuk membantu orang bilang dan tersesat. Namun para peserta juga banyak yang menanyakan cara membaca arah angin, navigasi maupun kompas, tapi semupa perlu pembelajaran perlahan dan proses," katanya

Terkait para pertanyaan para peserta sendiri diharapkan bisa diberikan pada kesempatan lain. Ia berharap para peserta tak hanya belajar sampai disini, namun terus menggali pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan mereka.

"Kami harap mereka bisa menerapkan ilmu ini dengan baik dan mereka juga bisa menambah ilmu mereka pada kesempatan lain," pungkasnya. (*)

» Terimakasih telah membaca: Tim SAR PT Berau Coal Beri Materi Kepada Peserta Raimuna Cabang Gerakan Pramuka

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 30, 2019

0 comments :

Post a Comment