-->

53 Kampung Gelar Pilkakam Serentak Hari Ini

Posted by PORTALBERAU on 25 October 2017


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU — Hari ini Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak di 53 kampung pada 12 Kecamatan digelar Rabu (25/10). Sebelum pelaksanaan tersebut persiapan pun terus dilakukan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Rapat akhir persiapan Pilkakam digelar, Selasa (24/10) kemarin dengan dipimpin langsung Asisten I Sekretariat Daerah, Anwar, didampingi Sekretaris DPMK, Abdilah. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai berbagai persoalan yang dihadapi dalam Pilkakam serentak ini.
Disampaikan Sekretaris DPMK, Abdilah, Pilkakam serentak ini merupakan tahap kedua yang dilaksakan pemerintah daerah. 

Sesuai dengan Undang-Undang nomor 6 tentang Pemilihan Kepala Kampung Serentak, Kabupaten Berau telah mengelar dua kali pemilihan serentak. Dimana pada tahun 2015 lalu sebanyak 27 kampung telah melaksanakannya, dan di tahun 2017 ini 53 kampung kembali digelar Pilkakam. Sementara sisanya akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.

Dari hasil pelaksanaan Pilkakam tahap pertama, ada beberapa catatan yang perlu dibenahi DPMK. Disampaikan Abdilah, persiapan awal menjadi perhatian serius dari pihaknya untuk pelaksanaan Pilkakam ini. 

“Kalau sebelumnya sukses juga kita gelar Cuma dari sisi persiapan saja, waktunya sangat sedikit. Di tahap kedua ini persiapan cukup panjang, kita harapkan bisa berjalan sukses juga. Apalagi di tahap kedua ini merupakan yang terbanyak pemilihan kepala kampungnya,” jelasnya.

Rapat akhir yang digelar tersebut, kata Abdilah untuk mendengarkan laporan dari tim pemilihan kabupaten mengenai wilayah kerja masing-masing. Dari laporan yang disampaikan masih belum ada persoalan yang ditemukan di lapangan. Begitu juga dengan situasi sampai saat ini masih berjalan dengan kondusif dan aman. 

“Kita berupaya agar semuanya berjalan lancar hingga tahap akhir di perhitungan suara,” katanya.

Ditambahkan Asisten I Setkab Berau, Anwar, rapat akhir ini juga membicarakan tentang pembagian wilayah dari masing-masing tim pemilihan kabupaten. Yang nantinya akan bertanggung jawab penuh pada saat hari H pelaksanaan. Dalam pelaksanaan Pilkakam ini juga direncanakan ditinjau langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati. 

“Sejauh ini semuanya masih berjalan lancar saja dari laporan masing-masing tim,” ujarnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: 53 Kampung Gelar Pilkakam Serentak Hari Ini

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 25, 2017

0 comments :

Post a Comment