-->

Ciptakan Ekonomi Mandiri, Masyarakat Kampung Batu-Batu Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan

Posted by PORTALBERAU on 31 October 2017

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Selain membangun berbagai macam infrastruktur di daerah lingkar tambang, PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC) juga memberikan pelatihan budidaya ikan kepada masyarakat Kampung Batu-Batu, Kecamatan Gunung Tabur, pada September lalu.

Istimewa
Dalam kegiatan tersebut, masyarakat diberi pelatihan praktik dan langsung terjun ke lapangan. Hari pertama latihan, di isi dengan teori yang memaparkan bagaimana tata cara membuat kolam ikan yang baik dan benar, bagaimana cara penebaran bibit serta carraa mengendalikan hama dan penyakit pada ikan. Pelatihan tersebut juga didampingi langsung oleh instruktur ahli bidang perikanan. 

Kegiatan yang disambut hangat masyarakat setempat, dihadiri juga oleh Sekretaris, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta Kelompok PKK Kampung Batu-Batu.

“Bukan hanya sekadar teori, masyarakat juga diberi praktek langsung ke kolam budidaya ikan nila. Dan tentunya akan terus kami dampingi untuk mengembangkannya ke depan,” ujar Koordinator Pengembangan Ekonomi PT Berau Coal, Hairil Wara.

Selain itu, pelatihan tersebut juga merupakan upaya untuk menciptakan ekonomi berkesinambungan untuk masyarakat setempat, sehingga pihaknya tidak hanya memberikan bibit namun juga pendampingan untuk masyarakat mengelola kolam ikannya.

Jauh sebelum bantuan CSR PT Berau Coal disalurkan ke Kampung Batu-Batu, dikatakan Sekretaris Kampung Batu-Batu, Andy Iswadi, pihaknya juga pernah menerima bantuan dari Dinas Perikanan Berau. Namun, teknik dan pelatihan budidaya ikan tersebut belum intensif diberikan kepada masyarakat.

“Kami sangat bersyukur masyarakat dapat menerima pelatihan yang sangat bermanfaat ini.  Kami juga mengharapkan ke depan melalui pelatihan ini dapat memberi wawasan terkait budidaya ikan lebih luas pada masyarakat. Sebab selama ini masyarakat terutama nelayan kebanyakan menangkap saja. Jadi dengan pelatihan ini, mereka bisa mengembangkan kolam-kolam ikan untuk meningkatkan perekonomiannya,” ujarnya. 

“Tentunya kami berterima kasih kepada PT Berau Coal untuk menjalankan program ini di Kampung Batu-Batu, karena memang dalam proses pengusulan hingga dengan pelaksanaan seperti saat ini bisa dijalankan dengan baik. Apalagi bantuan tidak jangka pendek,” katanya.

Adapun konsep yang diberikan dalam pelatihan tersebut cukup lengkap, sehingga dikatakan Andy, tinggal bagaimana masyarakat dapat mengaplikasikan di kolam masing-masing, sesuai dengan konsep perikanan PT Berau Coal, juga pemasaran dan pengembangan produk turunannya.

Ketua LPM Kampung Batu-Batu, Nurunsyah, juga sangat antusias dengan adanya pelatihan budidaya ikan tersebut.

“Budidaya ikan nila ini tahap awal bagi masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan serta menunjang kelancaran pembangunan ekonomi di Kampung Batu-Batu sendiri,” tandasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Ciptakan Ekonomi Mandiri, Masyarakat Kampung Batu-Batu Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 31, 2017

0 comments :

Post a Comment