-->

Berau Punya Punya Program "Siap Sedia", Apa sih Itu?

Posted by PORTALBERAU on 31 October 2017



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Pemkab Berau melalui Dinas Perikanan saat ini sudah memiliki program "Siap Sedia". Program ini merupakan program satu kampung budidaya perikanan dan satu pembudidaya guna mendorong peningkatan produksi perikanan.

HUMAS PEMKAB
Kepala Dinas Perikanan Berau, Fuadi, melalui Kepala Bidang Budidaya Perikanan, Yunda Zuliarsih, mengungkapkan, melalui program Siap Sedia yang digagas sejak tahun 2015 lalu pihaknya mencoba melakukan identifikasi calon calon pembudidaya unggulan, baik pembudidaya air tawar, tambak atau air payau maupun pembudidaya air laut. 

Dinas Perikanan telah memiliki data data calon pembudidaya unggulan yang saat akan kembali dilakukan verifikasi ke lapangan. Calon pembudidaya unggulan ini nantinya akan ditetapkan dengan surat keputusan Bupati Berau sesuai dengan regulasi yang ada.

Kedepannya pembudidaya unggulan yang telah ditetapkan akan diberikan pembinaan dan pendampingan melalui Dinas Perikanan Berau yang memiliki tiga seksi yaitu pengembangan kawasan perikanan, perbenihan serta seksi hama dan penyakit. Pada tahun depan ketiga seksi ini akan bersinergi untuk membuat program pembinaan langsung kepada pembudidaya unggulan ini. 

“Jadi kedepan kita langsung kepada tujuan. Sebelumnya kita kepada kelompok namun dari evaluasi dalam setiap kelompok yang aktif satu sampai dua orang saja, sehingga kita ubah pola untuk mengoptimalkan yang aktif dengan merangkul dan membina, sampai nanti bisa memiliki sertifikat cara budidaya yang baik, hingga ijin pengelolaan lingkungannya” jelasnya.

Dengan pola ini diharapkan Yunda kedepan akan ada pembudidaya percontohan yang akan menjadi motivasi bagi pembudidaya lain dalam meningkatkan usaha budidaya perikanan. Diharapkan kedepan meskipun jumlah luasan lahan budidaya kecil, namun dalam produksi dan kualitas sangat tinggi dan akhirnya memberikan dampak positif dalam peningkatan ekonomi pembudidaya itu sendiri. 

“Jadi ini yang kita dorong agar nantinya disetiap kampung ada pembudidaya perikanan unggulan yang bisa menjadi percontohan,” ungkapnya.

Mereka yang diverifikasi sebagai pembudidaya unggulan disampaikan Yunda  bukan mereka yang baru memulai. Namun pembudidaya yang sudah lama dan memiliki komitmen dalam pengembangan budidaya. Serta ketersediaan sarana dan prasarana budidaya yang dimiliki secara sendiri. 

“adapun kedepannya jika perlu kita suport penyediaan sarana dan prasarana ini akan tetap kita upayakan untuk di programkan,” tandasnya.

Dari apa yang dilakukan disampaikannya saat ini sudah ada delapan pembudidaya air tawar, lima pembuidaya air payau dan satu pembudidaya air laut. Namun untuk pastinya akan menunggu hingga ditetapkan dalam surat keputusan Bupati Berau. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: Berau Punya Punya Program "Siap Sedia", Apa sih Itu?

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 31, 2017

0 comments :

Post a Comment