-->

Dermaga Wisata Belum Rampung, Dermaga Ketinting Derawan Jadi Alternatif

Posted by PORTALBERAU on 17 October 2017



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Pemkab Berau telah menetapkan dermaga eks Pasar Gayam, yang terletak di Jalan Milono, Tanjung Redeb, sebagai dermaga wisata yang akan menjadi titik aktivitas wisatawan, khususnya pelayanan wisata dengan menggunakan fasilitas angkutan speedboat ke destinasi wisata yang ada. 

Namun dermaga eks Pasar Gayam, saat ini dinilai masih perlu dilakukan pembenahan terutama pemenuhan fasilitas pendukung, sehingga diperlukan dermaga lain sebagai penunjang aktivitas sementara.

Salah satu dermaga yang akan dimanfaatkan sementara untuk aktivitas wisatawan yakni dermaga ketinting Derawan di Jalan Pulau Derawan, Tanjung Redeb. Dermaga ketinting Derawan tersebut juga akan dibenahi, sehingga tidak hanya untuk aktivitas ketinting yang melayani penyeberangan dari Tanjung Redeb ke Gunung Tabur, namun juga dapat menjadi tempat naik dan turun wisatawan dari speedboat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Mappasikra Mappaseleng, meninjau kondisi dermaga ketinting Derawan yang rencana juga menjadi titik pelayanan wisatawan. Dengan dukungan PT Berau Coal, pembenahan untuk peningkatan fasilitas akan dilakukan di dermaga tersebut. 
Dengan dermaga satu titik, pihak asuransi dikatakannya juga dapat dengan mudah untuk bekerja.

“Kita komunikasikan dengan operator ketinting dan juga dengan speedboat yang selama ini melayani wisatawan terkait pemanfaatan dermaga ini,” ungkap 

Mappasikra disela peninjauan.
Aktivitas speedboat menurutnya tidak akan mengganggu aktivitas ketinting, sebab naik dan turun wisatawan hanya pada waktu tertentu. Selain itu speedboat juga tidak terparkir di dermaga tersebut. Sehingga aktivitas ketinting akan tetap berjalan normal. 

“Pada prinsipnya para operator ketinting tidak keberatan. Setelah kami lakukan pertemuan akan langsung dimanfaatkan, dan PT Berau Coal juga berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas pelayanan di dermaga Derawan,” jelasnya.

Terkait hal itu, Public Relations PT Berau Coal, Arif Hadianto, yang turut serta meninjau kondisi dermaga, menegaskan PT Berau Coal memberikan dukungan dalam pembangunan pariwisata daerah. Pasalnya pariwisata saat ini menjadi salah satu program prioritas Pemkab Berau. Termasuk dalam membantu pembenahan dermaga ketinting Derawan yang rencananya juga dimanfaatkan untuk naik dan turun wisatawan. 

“Berau Coal tentu akan mendukung dan kita akan melihat apa saja yang harus dilakukan dalam mendukung kemajuan pariwisata Berau,” tandasnya. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: Dermaga Wisata Belum Rampung, Dermaga Ketinting Derawan Jadi Alternatif

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 17, 2017

0 comments :

Post a Comment