-->

Usai Dilantik, Panwascam Diharapkan Netral dan Profesional

Posted by PORTALBERAU on 18 October 2017

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) yang dibentuk di 13 kecamatan akhirnya diambil sumpah jabatannya. Setelah seleksi dan penetapan, akhirnya Panwascam di lantik di Hotel Grand Parama pada Selasa (17/10/2017) kemarin.
Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan panwascam dihadiri Sekretaris Kabupaten (sekkab) Berau, Jonie Marhansyah, sekaligus membacakan sambutan Bupati Berau.
Pengawas pemilu disampaikan Sekkab Jonie Marhansyah merupakan salah satu instrumen penting dalam setiap proses pelaksanaan pemilihan umum. 

Lembaga ini berazaskan akuntabilitas dan independen, yang mempunyai tugas dan wewenang mengawasi semua tahapan penyelenggara pemilu, penyelesaian sengketa yang timbul dalam penyelenggaraan pemilu dan meneruskan temuan dan laporan yang tidak dapat diselesaikan kepada instansi yang berwenang.

Tugas Panwaslu sesungguhnya merupakan amanah yang perlu disikapi dengan penuh tanggungjawab dan merupakan keehormatan dari masyarakat, bangsa dan negara. Oleh sebab itu tugas panswaslu benar benar sangat strategis dan berat. 

Karena lembaga ini dikatakan Jonie Marhansyah menjadi tumpuan rakyat dalam melahirkan pemimpin masa depan yang berkualitas, melalui proses pemilihan yang jujur, adil, demokratis dan bermartabat. 

“Selain peran panwaslu kecamatan, terwujudnya pelaksanaan pemilu yang aman, lancar dan sukses adalah membutuhkan peran serta dan dukungan seluruh komponen masyarakat,” ucapnya.

Sukses, aman dan lancarnya pesta demokrasi dikatakan Sekkab Jonie Marhansyah sangat ditentukan oleh kesiapan dalam melakukan pengamanan terhadap jalannya pemungutan suara, baik sebelum, pada saat maupun sesudah proses pemungutan suara berlangsung. 

Sehubungan dengan itu Sekkab mengajak segenap anggota panswascam, seluruh elemen yang bertugas dalam penyelenggaraan pemilu dan seluruh masyarakat untuk bersama sama menyukseskan penyelenggaraan pemilu yang akan datang, baik pemiligan Gubernur Kaltim pada 2018 maupun pelaksanaan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden pada 2019. 

“Marilah pemilu ini kita selenggarakan dengan sebaik baiknya, karena suksesnya pelaksanaan pemilu mendatang akan sangat menentukan bagi kelangsungan jalannya pemerintahan dan pembangunan dimasa yang akan datang,” tandasnya. 

Sekkab Jonie Marhansyah mengharapkan kepada segenap anggota panitia pengawas pemilu baik ditingkatkan kabupaten maupun ditingkat kecamatan agar menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik baiknya. bersikap dan bertindak secara netral dan profesional. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: Usai Dilantik, Panwascam Diharapkan Netral dan Profesional

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 18, 2017

0 comments :

Post a Comment