-->

Anggaran Besar Bukan Jaminan Berhasil Jalankan Program

Posted by PORTALBERAU on 6 November 2017


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Mendapat anggaran yang cukup besar tidak menjadi patokan keberhasilan suatu SKPD dalam menjalankan program-program mereka. Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo pun mengisyaratkan kepada pimpinan SKPD untuk kreatif.

"Nggak jadi jaminan anggaran besar kerjanya bagus. Jadi jangan anggap kalau suatu SKPD dapat anggaran besar kerjanya bisa bagus," ungkapnya. 

Menurut Agus, keberhasilan suatu SKPD tersebut bisa dilihat dari kemampuan mereka, meski mendapat anggaran kecil namun memiliki keberhasilan dari program merek yang luar biasa bahkan bisa bermanfaat atau dinikmati banyak orang. Tapi, kalau suatu SKPD yang mengandalkan anggaran besar dan dalam kondisi-kondisi tertentu mereka bisa mengalami kemunduran.

"Sekarang kita sedang difisit, kalau misalnya mereka berpatokan pada anggaran bisa mundur kinerjanya karena anggaran berkurang," tambahnya.

Ada beberapa dinas yang bersentuhan dengan teknis diharapkan bisa kreatif dengan mengajak pihak swasta atau investor untuk berinvestasi sesuai dengan tupoksi dinas tersebut sehingga ada inovasi yang dilakukan 

"Kita ambil contoh misalnya dinas pertanian, dia bisa mengundang investor mungkin untuk bangun pabrik. Seperti ini merupakan kinerja besar dan bukan menggunakan uang sendiri, dan daerah tinggal membantu memuluskan saja," tambahnya.

Agus mengakui jika di Berau banyak memiliki potensi yang bisa digali mulai dari sektor darat maupun lain. Kekayaan yang melimpah seharusnya tidak terimbas persoalan difisit jika mampu mengelolanya.

"Tiap tahun hanya itu-itu saja yang diurus, dan orientasinya menyelesaikan program rutin tahunan, ini yang akan kita coba rubah agar memiliki target dan tidak hanya jalan ditempat," pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Anggaran Besar Bukan Jaminan Berhasil Jalankan Program

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 06, 2017

0 comments :

Post a Comment