-->

Tingkatkan Sektor Paariwisata, Simak Upaya yang Akan Dilakukan Pemkab Berau

Posted by marta on 24 November 2017

disbudpar.beraukab.go.id

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah dalam mengelola sektor pariwisata, Pemkab Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), menuangkan program pengembangan sektor pariwisata ke dalam sebuah kebijakam Pemkab Berau tahun 2017.

Pengembangan tersebut dilakukan mulai dari membenahi berbagai fasilitas penunjang wisata maupun sarana transportasi hingga berbagai regulasi terkait pariwisata yang ada di Kaabupaten Berau.

Selain itu, yang menjadi perhatian paling penting bagi Disbudpar dalam mengembangkan pariwisata, dikatakan Kepala Disbudpar, Mappasikra Mappaseleng, salah satunya membuka jaringan untuk membangun pariwisata hingga ke berbagai penjuru.

“Tentunya kita harus total kalau mau hasil yang maksimal. Jadi tahun ini seperti yang kita tahu, pariwisata kita masuk dalam salah satu program Pemkab Berau. Banyak kegiatan yang akan dilakukan untuk maksimalkan wisata kita, salah satunya dengan membuka jaringan sehingga jumlah kunjungan wisata bisa terus meningkat ” ujarnya.

Untuk hal itu, Mappasikra juga telah menyiapkan langkah untuk melakukan komunikasi dengan Pemkot Tarakan terkait banyaknya wisatawan yang datang ke Berau melalui Tarakan.

Menurutnya, banyaknya objek wisata Berau yang sudah cukup dikenal masyarakat luas, merupakan modal penting yang dimiliki Pemkab Berau. Untuk mengembangkannya hanya perlu membangun jaringan dan bekerjasama yang baik dengan seluruh pihak terkait. 

“Kalau kerjasama kita dengan pihak-pihak terkait pariwisata ini bagus, saya juga yakin apa yang kita inginkan dan cita-citakan untuk pariwisata Berau akan cepat terealisasi,” lanjutnya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur pariwisata juga menjadi fokus yang sangat penting bagi Pemkab Berau. Dengan infrastruktur yang memadai, serta akses transportasi yang lancar, jumlah kunjungan wisata dipastikan akan bertambah. 

“Kerja sama dengan bandara juga akan kami lakukan, terutama dalam hal pembukaan rute-rute baru,” ungkapnya.

Tak hanya itu, promosi kawasan wisata bahari Berau juga akan terus ditingkatkan. Sejalan dengan semakin meningkatnya wisatawan yang gemar menikmati keindahan alam bawah air. 

Mappasikra juga menekankan kepada Pokdarwis yang ada disetiap daerah wisata agar lebih proaktif membantu sejumlah kampung untuk mengembangkan sektor pariwisata. Pasalnya, Pokdarwis merupakan mediator atau pihak ketiga yang membantu pemerintahan dalam mengembangkan potensi wisata yang ada.

“Pokdarwis harus membantu pemerintah kampung membuat tata tertib atau peraturan di kawasan wisata. Misalnya pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan pakaian vulgar atau terlalu terbuka (bikini) di kawasan tertentu. Atau melakukan pemetaan kawasan wisata dan lain-lain,” tambahnya,

Adapun pembenahan yang akan dilakukan, disampaikan Mappasikra, tentunya membutuhkan tahapan dan proses yang panjang alias tidak instan. Untuk itu, dirinya akan meninjau terlebih dahulu, termasuk mengetahui kendala-kendala apa yang harus segera dibenahi. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Tingkatkan Sektor Paariwisata, Simak Upaya yang Akan Dilakukan Pemkab Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 24, 2017

0 comments :

Post a Comment