-->

Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Pemkab Berau Perlu Tenaga Arsiparis

Posted by marta on 20 November 2017




TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Kebutuhan tenaga arsiparis Pemkab Berau dinilai cukup mendesak. Mengingat penyelengaraan pemerintahan saat ini, mulai dari kinerja hingga penilaian sangat bergantung pada bidang kearsipan.

Hal tersebut disampaikan Elyas, Ketua Penyelengara Sosialisasi Tata Kelola Kearsipan di Lingkungan OPD Kabupaten Berau Tahun 2017, Senin (13/11) di Ruang Rapat Sangalaki. 

Dalam laporannya, kebutuhan akan tenaga arsip ini mendesak sebab hingga saat ini belum ada satu pun yang mengisi jabatan tersebut. Padahal dalam tata kelola pemerintahan yang baik, arsip menjadi salah satu item yang sangat penting untuk dijalankan dengan maksimal.

Dalam penyampaiannya, ada empat hal yang kerap menjadi kendala dalam pengelolaan arsip. Diantaranya, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai bidang kearsipan, kurangnya kepedulian atas pengelolaan arsip, sarana dan prasarana yang tidak memadai serta tidak tersedianya anggaran pengelolaan arsip. 

“Sampai sekarang belum ada tenaga arsiparis. Padahal posisi ini sangat diperlukan saat ini. Mungkin bisa jadi pertimbangan agar kedepan bisa dilakukan pengangkatan tenaga arsiparis,” ungkapnya.

Lanjut Elyas, pengelolaan arsip menjadi ukuran nyata dalam kinerja pemerintahan, namun saat ini pengelolaan arsip masih belum dijalankan dengan maksimal.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Anwar mengatakan, kearsipan merupakan kewajiban yang harus diikuti dan dipahami oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut ia berharap dapat meningkatkan kemampuan pengelola arsip di setiap OPD. 

“Dalam mengelola dan membangun tata kelola kearsipan ini diperlukan komitmen dari seluruh pegawai di masing-masing OPD,” jelasnya.

Pengelolaan arsip, menurutnya harus terus perbarui. Mengingat jumlah arsip yang diproduksi setiap harinya, dari dokumen serta laporan yang disusun seluruh pegawai sangat banyak. Ia juga mengharapkan agar tenaga arsiparis ini bisa dipenuhi kedepannya. 

“Ini menjadi indikator juga dalam penilaian opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kita sering kerepotan juga kalau ingin mencari suatu dokumen yang ada di OPD, karena tidak adanya pengelolaan arsip yang jelas,” ujarnya.

Anwar menegaskan, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut bisa menyerap apa yang akan disampaikan narasumber. Sehingga dapat mengaplikasikan ke OPD masing-masing. 

“Karena hal ini pun akan mendukung tata pemerintahan yang baik kedepannya,” (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Pemkab Berau Perlu Tenaga Arsiparis

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 20, 2017

0 comments :

Post a Comment