-->

Kembangkan Produk Kerajinan Lokal Guna Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Berau

Posted by marta on 19 November 2017

 
TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau, Sri Juniarsih, mengimbau kepada seluruh Kepala Kampung hingga Camat, untuk melakukan inventarisir berbagai produk kerajinan lokal di daerahnya.

Hal itu guna mempertahankan kerajinan lokal di berbagai kampung maupun kecamatan yang tersebar di Kabupaten Berau, sebab Berau dinilai memiliki potensi yang cukup besar dalam mengembangkan produk kerajinan lokal. Adapun produk kerajinan lokal tersebut dapat menjadi cinderamata khas Berau.

“Produk kerajinan lokal daerah kita ini kalau dikumpulkan sebenarnya cukup banyak,” katanya. 

Diakui istri Bupati Berau Muharram ini, saat ini Dekranasda juga mulai melakukan pendataan setiap produk lokal yang dihasilkan masyarakat. Salah satunya produk kerajinan lokal di Kampung Meraang, Kecamatan Gunung Tabur, kain tenun.

Dikatakan Sri, kerajinan yang telah ditekuni masyarakat Kampung Meraang, cukup lama ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Meskipun pengerajin yang ada di sana berasal dari daerah luar, namun pihaknya memberikan berharap dan mengarahkan agar produk yang dihasilkan bisa memiliki ciri khas Berau. 

“Kita ajak mereka untuk membuat motif-motif tenun asli Berau. Kita harus merangkul orang-orang yang memiliki kemampuan seperti ini untuk membantu mengembangkan produk lokal,” ujarnya.

Potensi yang ada di setiap kampung maupun kecamatan yang ada di Berau berbeda-beda. Maka itu, harus dimanfaatkan sebagai produk kerajinan lokal. Dengan adanya inventarisir juga menjadi langkah mempertahankan produk kerajinan yang ada.

Regenerasi pengrajin setiap produk kerajinan lokal, dikatakannya juga menjadi kekhawatiran menghilangnya produk kerajinan lokal dari masyarakat. Salah satunya  seperti kerajinan ukiran ulin di Kampung Biatan Ilir, Kecamatan Biatan, yang setiap tahunnya selalu dikerjakan oleh pengrajin yang sama. 

“Jadi kita tahu, di daerah ini apa saja kerajinan yang ada, begitu pula dengan pengrajinnya. Sehingga bisa dilihat apakah produk ini terus dijalankan, jangan sampai putus di tengah jalan hingga akhirnya menghilang ditelan waktu juga karena tak adanya regenerasi pengrajin,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Agus Tantomo mengatakan, dengan adanya invenstarisir produk-produk lokal tersebut akan memberikan peluang usaha bagi para pengrajin. Terlebih, Pemerintah tentu memberikan semangat dan perhatian penuh bagi para pengrajin. Selain itu, dengan pendataan tersebut juga dapat membantu kelompok pengrajin untuk meningkatkan perekonomiannya. 

“Kita bantu mereka memberi nilai tambah bagi kerajinan yang dihasilkan. Tentu memancing mereka untuk terus berkreasi menghasilkan produk dengan berbagai inovasi,” pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Kembangkan Produk Kerajinan Lokal Guna Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 19, 2017

0 comments :

Post a Comment