-->

Bupati Berau Apresiasi Program Sigap Gagasan TNC

Posted by PORTALBERAU on 4 December 2017


Humas Pemkab

TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU – Bupati Berau, Muharram beserta jajarannya menghadiri dan membuka peluncuran Sigap, Aksi Inspiratif Warga untuk Perubahan yang digelar oleh Non Government Organization (NGO) The National Concervancy (TNC), di GOR Taruna, Senin (4/12).

Sigap merupakan model pendekatan pembangunan desa yang diaplikasikan oleh TNC, untuk memberdayakan masyarakat, sekaligus mendukung pelestarian lingkungan. Dalam kesempatan itu, Bupati Muharram mengatakan, program Sigap ini sejalan dengan program Pemkab Berau untuk memberdayakan masyarakat desa.
“TNC, secara luar biasa telah memberikan dukungannya terhadap pembangunan Kabupaten Berau. Saat kita tengah mengalami defisit APBD, ada bantuan dari TNC membagikan 1,200 handphone berbasis android kepada apartur desa,” ungkapnya.
Dengan bantuan ini, Muharram berharap, akan memudahkan masyarakat desa untuk mengakses informasi yang bermanfaat. “Teknologi ini diberikan agar komunilasi antar desa bisa cepat tersampaikan. Misalnya jika ada bencana kebakaran, longsor, banjir, cepat laporkan agar cepat direspon. Sampaikan ide dan gagasan sebuah inovasi dengan segera. Koordinasi jika ada mekanisme yang tidak dipahami, untuk meminimalisir penyalahgunaan,” tegasnya.
Selain itu, kata Muharram, bantuan alat komunikasi ini akan mempermudah apartur desa yang jauh dari perkotaan. “Kepala kampung tidak perlu lagi naik sepeda motor jauh-jauh, bikin surat perjalanan dinas berkali-kali, dengan HP tidak perlu lagi begitu,” imbuhnya.
Dalam kesempatan itu, Muharram berpesan kepada aparatur kampung, agar lebih fokus pada pembangunan di wilayahnya masing-masing. Ditegaskannya, misi Pemkab Berau dalam membangun desa adalah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, unggul dan berdaya saing.
“Kalau jadi kepala kampung, jadilah kepala kampung yang paling baik, lingkungannya paling bersih karena kalau kita biasa-biasa saja, kita akan tertinggal. Kita harus di atas rata-rata,” tegasnya.
Apalagi kata Bupati Muharram, Berau memiliki wilayah yang sangat luas, dengan luas daratan mencapai 2,2 juta hektare dan wilayah perairan 1,2 juta hektare. Potensi ini jika dimanfaatkan dengan maksimal, diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus memberikan masukan kepada pemerintah hingga ratusan miliar setiap tahunnya.
Agar lebih maksimal memanfaatkan potensi di setiap desa atau kampung, aparaturnya harus memiliki perencanaan yang efektif dan efisien. Agar hasil pengelolaan sumber daya alam tersebut benar-benar dapat dinikmati oleh masyarakat. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Bupati Berau Apresiasi Program Sigap Gagasan TNC

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 04, 2017

0 comments :

Post a Comment