-->

Ekonomi Melemah, Perlu Adanya Pelabuhan Ekspor

Posted by PORTALBERAU on 2 December 2017


TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tengah menyiapkan infrastruktur pendukung guna mengatasi permasalahan ekonomi yang melemah di Kabupaten Berau. Bukan hanya itu, Pemda juga sudah menyiapkan kebijakan dan memangkasnya birokrasi agar permasalahan melemahnya ekonomi ini bisa teratasi
Salah satu faktor yang mempengaruhi pelemahan ekonomi di Kabupaten Berau yakni turunnya garga batu bara beberapa tahun terakhir, padahal sektor batu bra ini menjadi salah satu penyumbang terbesar terhadap anggaran daerah.selain itu, menurunnya harga batu bara pun akan berdampak pada sektor lain, namun pemerintah saat ini berupaya agar tidak bergantungan dengan batu bara.

“Permasalahan ini tengah kita cari tau penyebab atau pun solusinya, entah karena masalah ijin atau lainnya,” ungkapnya wakil Bupati Berau, Agus Tantomo

Memangkas panjangnya birokrasi perizinan ada 43 item izin yang ditempatkan pada 1 instansi yakni  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Wabup mengatakan jika ini sebagai upaya Pemkab untuk mengatasi permasalahan pelemahan ekonomi.

"Tapi kalau ada masalah lain seperti infrastruktur, itu akan kita upayakan agar bisa terpenuhi,” ujarnya.

Dikatakannya, ada saja investor yang berencana akan berinvestasi di Kabupaten Berau. Namun, ada kendala yakni tak adanya dermaga ekspor di Kabupaten Berau. Namun untuk amaslaah ini, rencananya akan dicoba pacu percepetan penyelesaian pelabuhan di Mantaritip.

“Kendalanya tidak ada pelabuhan ekspor, tapi ini yang masih kita usahakan,”tambahnya.

Agus mengakui jika Berau memiliki banyak komuditas ekspor mulai dari Batu Bara, Crude Palm Oil (CPO), perkebunan, pertanian hingga hasil laut. Namun selama ini masih sulit untuk di ekspor karena tak adanya pelabuhan ekspor, sementara para investor yang mau masuk pun mengatakan jika salah satau syarat untuk mengekspor itu perlu adanya pelabuhan ekspor,” pungkasnya. (tim)

» Terimakasih telah membaca: Ekonomi Melemah, Perlu Adanya Pelabuhan Ekspor

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 02, 2017

0 comments :

Post a Comment