-->

Pemerintah Stop Usulan Pemekaran

Posted by PORTALBERAU on 3 December 2017

elsam or.id
JAKARTA,PORTALBERAU - Pemerintah untuk sementara ini menyetop dulu usulan pemekaran daerah. Karena bila semua usulan pemekaran disetujui, kedepan akan banyak Pilkada yang digelar. Bahkan, mungkin pemilihan di daerah bisa mencapai seribu lebih pemilihan. 

"Sekarang sudah 514 kabupaten kota, 34 provinsi. Usulan daerah otonomi baru pemekaran baru hari ini sudah mencapai 314 daerah. Nah seandainya 314 daerah yang merupakan hak konstitusional daerah dan masyarakat, bayangkan Pilkada ini bisa 1000 daerah baik provinsi maupun kabupaten dab kota," tutur Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Jakarta, kemarin.

Diluar itu lanjut Tjahjo, pemerintah dan DPR telah sepakat untuk memperkuat kelembagaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Salah satunya, badan pengawas berwenang menangani masalah ketidakpuasan partai saat tahap verifikasi. 
"Salah satunya,  kemarin yang sudah dimulai ada proses persidangan yang berkaitan dengan masalah-masalah verifikasi partai politik," katanya.

Tjahjo juga mengingatkan, pada bulan Agustus tahun depan,  partai yang lolos verifikasi oleh KPU sudah menyerahkan usulan calon presiden dan calon wakil presiden ke komisi pemilihan. Ini tentu harus dicermati dan dikawal. Khususnya Bawaslu, untuk mengawasi itu. 

"Yang diawali tentunya penyampaian daftar calon DPD, DPRD, dan DPR RI," ujarnya. 

Semua dinamika dan potensi kerawanan, kata Tjahjo telah  diuraikan dala. indeks kerawanan yang dikeluarkan Bawaslu. Ia harap, indeks itu jadi pedoman bagi semua pihak terkait. Dan yang tak kalah penting,  koordinasi antar lembaga terkait harus diintensifkan dengan baik.

"Saya kira yang paling penting adalah monitoring, evaluasi, verifikasi, dan pemetaan kerawanan sosial baik masalah politik keamanan dan kehidupan masyarakat berkaitan dengan Pilkada tahun depan dan Pileg Pilpres tahun 2019," ujarnya. 

Semua pihak kata Tjahjo, harus mencermati itu. Sehingga deteksi dini bisa dilakukan dengan optimal. Apalagi jika melihat agenda politik yang ada, tahapannya begitu panjang dan saling berdekatan. 

"Tahapannya begitu panjang mulai dari registrasi parpol, sampai pada tahap apa yang akan dikerjakan," ujarnya.


Sumber: Kemendagri

» Terimakasih telah membaca: Pemerintah Stop Usulan Pemekaran

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 03, 2017

0 comments :

Post a Comment