-->

Pengendalian Penduduk Hasilkan Masyarakat Berkualitas

Posted by PORTALBERAU on 12 December 2017

Humas Pemkab
TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU - Sebagian masyarakat mungkin bertanya-tanya, apa alasan pemerintah menjalankan program pengendalian penduduk. Pertanyaan ini dijawab oleh Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo saat membuka sosialisasi pengendalian penduduk yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Selasa (12/12).
Agus Tantomo mengatakan, jumlah penduduk berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat, termasuk kesejahteraan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Agus Tantomo menyontohkan, sebuah keluarga memiliki tiga orang anak, dengan penghasilan Rp 20 juta per bulan. Berdasarkan contoh kasus seperti itu, jumlah pendapatan dan jumlah anggota keluarga, menurutnya seimbang.

“Sehingga orangtua tetap bisa memberikan makanan yang layak, menyekolahkan anak dan sebagainya,” jelas Agus.

Bisa dibayangkan, jika sebuah keluarga memiliki anak lebih dari tiga, sementara penghasilannya rendah, bisa jadi masuk dalam kategori miskin. “Semakin kecil (anggota) keluarga, semakin tinggi kualitas hidup yang bisa diraih dalam jangka panjang,” imbuhnya.

Karena itu, Agus Tantomo menegaskan, pemerintah harus melakukan pengendalian penduduk. “Karena pengendalian penduduk ini berpengaruh terhadap kualitas hidup. Kalau kuantitas (penduduk) tidak sebanding dengan kualitas, maka perlu dikendalikan,” ujarnya.

Menurutnya, program Keluarga Berencana yang telah digulirkan sejak zaman orde baru, sudah cukup berhasil. Namun untuk mencegah ledakan penduduk, pemerintah harus tetap menjalankan  program pengendalian penduduk.

“Program pengendalian penduduk ini sudah sangat berhasil, sekarang sudah hamper tidak ada lagi keluarga yang memiliki anak sampai lima lebih, karena paradigma ‘banyak anak, banyak rezeki’ sudah tidak berlaku lagi,” tegas Agus.

Terlebih lagi, saat kondisi ekonomi tengah sulit seperti sekarang, pengendalian penduduk menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya pengentasan kemiskinan. Kabupaten Berau sendiri dinilai telah berhasil mengurangi angka kemiskinan.

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Berau saat ini terbilang rendah jika disbanding dengan kabupaten/kota lain di Indonesia, dimana jumlah penduduk miskin ‘hanya’ 4 persen dari jumlah penduduk Berau yang mencapai 260 ribu jiwa.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari program pengentasan kemiskinan melalui program Kartu Berau Sejahtera (KBS), yang menjadi jaminan sosial bagi masyarakat miskin, untuk mengurangi beban hidup mereka. (hms5)


» Terimakasih telah membaca: Pengendalian Penduduk Hasilkan Masyarakat Berkualitas

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 12, 2017

0 comments :

Post a Comment