-->

Soal Gas Elpiji 3 Kg, Diskoperindag Upaya Pastikan Tepat Peruntukan

Posted by PORTALBERAU on 12 December 2017


TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU – Tabung gas elpiji ukuran 3Kg sempat sulit ditemukan masyarkaat dipasaran. Beberapa agen mengalami kekosongan sehingga masyarakat pun sempat harus berpuasa beberapa hari menggunakan tabung tersebut. Kekosongan bukan hanya di Berau namun beberapa daerah di Kaltim.

Kelangkaan tabung gas elpiji 3 kg tersebut memang membuat masyarkat kesulitan. Bahkan tak jarang masyarakat terpaksa berkeliling diseputaran Tanjung Redeb untuk mencari, sehingganya saat ada salah satu agen yang menjual masyarakat pun langsung menyerbu, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Melihat kondisi ini, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) kabupaten Berau Wiyati mengatakan jika pihaknya akan perlu memegang data akurat yang berhak menggunakan tabung gas berwarna hijau tersebut. Karena diketahui jika gas ukuran 3 kg tersebut diperuntukkan masyarakat yang tidak mampu.

“Sudah jelas dalam aturan jika itu untuk masyarakat yang tidak mampu. Kalau dipakai oleh orang yang mampu ya berarti jatah masyarakat kurang mampu jadi berkurang,” ungkapnya.

Lanjut Wiyati, saat ini diskoperindag juga tengah melakukan pendataan do kecamatan-kecamatan guna mencari data pengguna gas melon se Kabupaten Berau. Nantinya data tersebut akan disinkronkan dengan jumlah pasokan ke Berau.

“Kalau data orang miskin diberau sudah ada, dan ini nanti yang akan kita sinkronkan. Tapi nggak semua orang miskin pakai tabung gas, kan banyak juga mereka yang takut,” tambahnya.

Untuk mengontrol ini, bukan hanya diskoperindag yang bergerak tapi perlu adanya peran distributor atau pengecek untuk selektif dalam menjual tabung gas kepada konsumen ini. Jadi peruntukannya juga jelas apakah yang beli ini mampu atau tidak.

"Selama ini kan siapa yang beli ya dilayani, sebenarnya perlu juga peranan para pengecer tabung gas ini, dan kami juga akan sosialisasikan terkait peruntukan gas elpiji 3 kg ini,” pungkasnya. (Tim)


» Terimakasih telah membaca: Soal Gas Elpiji 3 Kg, Diskoperindag Upaya Pastikan Tepat Peruntukan

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 12, 2017

0 comments :

Post a Comment