-->

Trans Bangun Banjir Sayuran dan Buah

Posted by PORTALBERAU on 1 January 2018



PORTAL BERAU - SAMBALIUNG - Pasar Rakyat Senja yang berada di Kampung Trans Bangun Kecamatan Sambaliung, Senin (01/01/2018) dipadati ratusan warga, baik warga Trans Bangun sendiri maupun dari luar seperti Tanjung Redeb dan Teluk Bayur. Bukan tanpa alasan, gelaran acara HUT Pasar Rakyat Senja ke-dua yang diadakan menjadi magnet tersendiri. Terlebih dengan adanya pembagian sayuran gratis yang diadakan oleh panitia HUT.



Berjalan dari luar pasar, Bupati Berau, Muharram didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Berau, Wiyati, mengikuti arak-arakan tumpengan sayur, buah dan bumbu dapur itu. Gelaran ini merupakan bentuk syukur atas hasil bumi baik dari pertanian maupun perkebunan yang didapat oleh warga Trans Bangun. Berbagai jenis sayuran seperti kangkung, kacang panjang, bayam, terong, labu dan buah seperti apel, jeruk, dan rambutan, menghiasi tumpeng setinggi kurang lebih 3 meter tersebut.

"Karena mayoritas warga di sini memang sebagai petani, maka sebagai wujud syukur diadakanlah acara ini, dengan membagikan sayuran, buah-buahan, maupun bumbu dapur. Apalagi selama 2 tahun sejak berdiri ini, Pasar Senja juga terus berkembang, dan dapat meningkatkan perekonomian warga di sini. Makanya untuk acara ini juga diadakan setiap tahun," terang Ketua Pasar Senja, Supriyadi, saat memberikan sambutan.

Sedangkan Kepala Kampung Trans Bangun juga mengungkapkan hal senada. Diakuinya, sejak adanya pasar tersebut, perekonomian warga lebih meningkat dan mempermudah warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, keberadaan Bumi Bangun Lestari (BBL) yang juga berada di kampung tersebut, menambah keramaian Pasar Senja.

Bupati Berau, Muharram, dalam sambutannya juga sangat mengapresiasi gelaran acara tersebut. Ide atau gagasan yang dilontarkan oleh Supriyadi untuk membuat pasar ini memang sangat bermanfaat khususnya bagi warga di Kampung Trans Bangun.

"Saya apresiasi dengan gagasan membuat pasar ini, juga inisiatif untuk perayaan HUT yang seperti ini. Apalagi dengan tema "Berbagi Meraih Berkah", tentunya juga memberikan manfaat secara luas, bukan hanya warga kampung sini saja. Karena jumlah sayuran yang dibagikan juga cukup lumayan, dan dibagikan secara merata," ungkapnya.

Muharram juga berharap nantinya gelaran acara seperti ini bisa terus berlanjut setiap tahunnya, bahkan bisa juga dijadikan objek wisata selain BBL yang sudah ada sekarang.

"Kalau bisa juga di pasar ini nantinya ada pusat kuliner yang murah meriah, sehingga warga tak hanya mengembangkan pasarnya saja, tetapi juga segi lainnya yang bisa menjadi sumber ekonomi warga khususnya di Kampung Trans Bangun ini," katanya.

Sebelum pembagian tumpengan sayur dan buah, Bupati memotong tumpeng HUT yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian sayuran dan buah.(TIM)

» Terimakasih telah membaca: Trans Bangun Banjir Sayuran dan Buah

Related Posts

Portal Berau Updated at: January 01, 2018

0 comments :

Post a Comment