-->

Diskoperindag Wacanakan Klinik Kemas dan Sentra UKM

Posted by marta on 9 March 2018


TANJUNG REDEB,  PORTALBERAU- Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Berau,  berencana membuat klinik kemas dan sentra UKM di tahun 2018.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperindag,  Wiyati,  yang juga menyebutkan pembuatan klinik kemas tersebut merupakan upaya untuk mendukung para pelaku UMKM,  agar produknya mampu bersaing baik dari segi kualitas pengemasan dan label produk.

"Tahun ini memang rencananya kita mau buat klinik kemas," ujarnya kepada portalberau.com, Jumat (9/3/2018).

Di dalam klinik kemas,  nantinya akan merangkul seluruh pelaku UMKM untuk dilatih dalam proses pengemasan yang mampun mendatangkan daya tarik konsumen, sehingga produk mereka dapat bersaing di pasaran dalam maupun luar daerah. 

"Saat ini kalau dari segi rasa dan kualitas, produk UMKM kita bisa bersaing.  Tapi untuk pengemasan yang menarik mungkin masih perlu ditingkatkan.  Jadi,  di klinik kemas inilah pelaku UMKM akan mendapat bimbingan mulai dari cara pengemasan,  design kemasan,  label,  dan yang menyangkut kemasan produk lainnya," jelasnya. 

Saat ini diakuinya wacana pembuatan klinik kemas masih dalam proses penyediaan tenaga fasilitator yang mumpuni untuk bidang pengemasan. 

Sementara itu, saat ini Kabupaten Berau memang belum memiliki sentra UKM. Sehingga, lanjut Wiyati,  sentra UKM juga penting sebagai wujud memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya lebih luas.  

"Kalau di daerah lain yang saya tahu ada di Samarinda.  Di sana mereka punya satu pusat tempat mencari oleh-oleh yang diproduksi pelaku UMKM setempat.  Jadi, semua terkumpul menjadi satu wadah untuk memasarkan produk mereka. Nah,  kita berharap di Kabupaten Berau juga bisa seperti itu," ujarnya. 

Lanjut Wiyati,  hasil produksi UMKM di Berau saat ini memang cukup banyak,  namun pemasarannya masih kurang maksimal.  Untuk itu, baik klinik kemas maupun sentra UKM merupakan dua hal yang penting bagi kemajuan UMKM Berau. 

"Produk UMKM kita saat ini kebanyakan dijual di swalayan-swalayan, bercampur dengan produk lain,  jadi kadang tidak terlalu mencolok.  Kalau di sentra UKM pastinya hanya produk UMKM yang dipasarkan,  jadi tidak bercampur produk lain dan lebih memudahkan orang untuk mencarinya," tandasnya.  (Tim) 

» Terimakasih telah membaca: Diskoperindag Wacanakan Klinik Kemas dan Sentra UKM

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 09, 2018

0 comments :

Post a Comment