-->

Lebih Serius Kembangkan Sektor Pertanian, Begini yang Dilakukan Pemkab Berau

Posted by marta on 10 March 2018



JAKARTA, PORTALBERAU- Sebagai langkah serius dalam mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Berau, Bupati Berau Muharram, menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, di Jakarta Convention Center, Kamis (8/3/2018) lalu.
 
Penandatanganan MoU tersebut juga dilakukan oleh PT Berau Coal, PT HQ Corpora Putra, serta Forum Komunikasi Petani dan Pengumpul Jagung Nusantara, selaku perusahaan swasta yang menjadi mitra dalam program pengembangan sektor pertanian tersebut. 

Melalui program pengembangan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) yang digagas Kementerian Desa PDTT, Pemkab Berau akan melakukan kerjasama pengembangan sektor pertanian bersama perusahaan swasta tersebut. Sebab hal ini beriringan dengan program prioritas yang dicanangkan Pemkab Berau, yakni membangun ekonomi dasar masyarakat secara permanen. 

Adapun produk pertanian yang akan dikembangkan para petani yang mendapat dukungan dari pemerintah maupun perusahaan swasta tersebut diantaranya kakao, jagung dan lada. Bahkan tak hanya sektor pertanian, juga merambah sektor peternakan sapi.

Melalui kerjasama ini, perusahaan swasta sebagai mitra kerja Pemkab Berau akan mendukung pemanfaatan, pengembangan hingga pengelolaan komoditi unggulan atau hasil pertanian di Kabupaten Berau, seperti yang tertuang dalam nota kesepahaman. 

Selain itu, pemberdayaan, pembinaan petani, perlindungan, pemeliharaan, pemulihan hingga peningkatan fungsi lahan pertanian juga tidak luput dari kerjasama antar Pemkab Berau dan perusahaan swasta. 

Diungkapkan Muharram, usai teken MoU bersama para pihak terkait, kerjasama tersebut akan segera ditindaklanjuti untuk merealisasikan yang telah menjadi kesepakatan.

“Ini sangat penting bagi kita, terutama dalam upaya membangun ekonomi masyarakat Kabupaten Berau, dengan memanfaatkan produk unggulan perdesaan yang ada. Dan MoU ini adalah tahap awal, kita membangun kemitraan dengan perusahaan, bagaimana pembinaan terhadap para petani kakao, hingga yang lebih besar bagaimana terciptanya pabrik coklat di daerah kita yang punya komoditi kakao sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, mengatakan melalui penandatanganan nota kesepahaman kemitraan program Prukades ini akan membawa nilai investasi yang cukup besar kepada desa.

Tak hanya itu, dengan program kemitraan ini juga tentunya akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga dirinya berharap baik Kepala Daerah maupun jajarannya dapat mengawal program Prukades didaerahnya masing masing agar berjalan dengan lancar. 

“Dengan model Prukades ini masyarakat akan memiliki pendapatan yang terus meningkat dan membawa kemakmuran masyarakat dan desa sendiri,” tandasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Lebih Serius Kembangkan Sektor Pertanian, Begini yang Dilakukan Pemkab Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 10, 2018

0 comments :

Post a Comment