-->

Pengurus IKKB Dikukuhkan, Berperan Penting Membantu Pemerintah

Posted by PORTALBERAU on 7 August 2018

Humas Pemkab

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Bupati Berau, Muharram, mengukuhkan Pengurus Ikatan Kerukunan Keluarga Bajau (IKKB) dan Ikatan Wanita Kerukunan Keluarga Bajau (IWKKB) Kabupaten Berau di Kampung Tanjung Batu, Selasa (7/8) kemarin. Turut hadir dalam pengukuhan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) M Gazali, Asisten II, Mansyah Kelana dan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat Kabupaten Berau. Pengukuhan juga dihadiri Datu Hajan Bin H. Gurimbang, Pengurus Bajau Samah Samporna dari Sabah Malaysia.


Teddy N Abay yang dikukuhkan sebagai ketua IKKB, mengungkapkan organisasi IKKB merupakan wadah bagi masyarakat suku Bajau dalam membangun silaturahmi dan melakukan kegiatan positif dalam rangka berkontribusi kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Berau secara luas. IKKB dikatakannya akan terus berupaya memberikan yang terbaik tidak hanya bagi masyarakat Bajau namun juga dengan seluruh masyarakat Kabupaten Berau. 

“Melalui IKKB menjadi wadah pemersatu dan kita berupaya untuk terus memberikan kontribusi kepada pemerintah dan juga kepada masyarakat,” ucapnya.

IKKB disampaikan Teddy telah mengikuti Internasional Konferensi Bajau di Malaysia beberapa tahun lalu. Pengukuhan yang dihadiri Pengurus Bajau Samah Samporna-Sabah Malaysia disampaikan teddy juga merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Berau. Pada tahun depan konferensi internasional ini diharapkan bisa digelar di Kabupaten Berau.

Sementara Bupati Berau, Muharram, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus IKKB dan IWKKB yang telah dikukuhkan dengan harapan dapat terus berkontribusi dan berperan membantu pemerintah. Paguyuban seperti IKKB dikatakan Muharram memiliki peran penting karena telah mengerjakan sebagian dari tugas pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Mereka yang tergabung didalam kepengurusan organisasi seperti IKKB diakuinya adalah mereka yang ingin mengabdikan dirinya untuk memberikan manfaat kepada orang lain. 

“IKKB turut membantu tugas pemerintah dalam menjaga kerukunan ditengah tengah masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu paguyuban semacam IKKB juga membantu pemerintah dalam pelestarian seni dan budaya daerah. Dimana melalui IKKB segala potensi kesenian dan kebudayaan daerah akan terus dijaga dan dipelihara dengan melestarian melalui sanggar seni kepada generasi sejak dini. Apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita harus terus dilestarikan dan menjadi sumber inspirasi dalam pengembangan budaya daerah.

Lembaga paguyuban dikatakan Muharram juga memiliki peran untuk membantu sesama. Baik dalam pengembangan sumber daya manusia maupun dalam saling membantu meningkatkan ekonomi. Sehingga semakin banyak paguyuban ditengah tengah masyarakat menurut Muharram segala permasalahan sosial akan bisa terselesaikan.

“Hal hal yang bisa memunculkan permasalahan, maka itu semua akan bisa terselesaikan dengan adanya paguyuban yang menjalankan fungsinya dengan baik,” ucapnya.

Pemkab Berau ditegaskan Muharram terus mendukung keberadaan lembaga paguyuban seperti IKKB dan IWKKB di Kabupaten Berau. Ia berharap organisasi tidak hanya semarak pada pengukuhan, namun juga dapat menyusun program kerja dengan baik. Sehingga dalam menjalankan segala fungsi dan perannya dengan baik kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Berau. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: Pengurus IKKB Dikukuhkan, Berperan Penting Membantu Pemerintah

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 07, 2018

0 comments :

Post a Comment