-->

Tower di Balikukup Tak Berfungsi, Bupati Berharap Dukungan Kominfo

Posted by PORTALBERAU on 8 August 2018

Humas pemkab

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Pemenuhan fasilitas pendukung teknologi informasi dan komunikasi terus diwujudkan pemerintah tidak hanya untuk wilayah perkotongan. Namun perluasan jaringan hingga ke perkampungan juga terus dilakukan. Tidak hanya pemerintah daerah, namun dukungan pemerintah pusat juga sangat dibutuhkan. Seperti kebutuhan jaringan telekomunikasi untuk kampung Balikukup di Kecamatan Bayu Putih yang merupakan salah satu pulau terdepan di perairan Bumi Batiwakkal.


Kampung berpenghuni kurang lebih 1000 jiwa tersebut kini menjadi kampung berkembang dengan segala potensi yang dimiliki. Terlebih sejak kampung ini didukung dengan fasilitas jaringan telekomunikasi yang disuport dari kementerian Komunikasi dan informasi (Kominfo) dengan pembangunan tower. Namun sejak beberapa tahun terakhir komunikasi kembali terhambat karena tower telekomunikasi yang ada tidak lagi berfungsi.

Kondisi tersebut disampaikan langsung masyarakat kepada Bupati Berau, Muharram, yang melakukan kunjungan kerja dalam rangka meresmikan SMP satu atap belum lama ini. Dalam kesempatan itu, warga mengeluhkan keberadaan tower yang tak lagi berfungsi sehingga warga kesulitan mendapatkan jaringan listrik. 

Menurut Kepala Kampung Balikukup, Ridwansyah, keberadaan tower telekomunikasi ini sangat membantu masyarakat. Karena memudahkan masyarakat dan juga bagi pemerintah kampung. Terlebih saat ini yang masyarakat telah banyak menggunakan fasilitas jaringan internet. Sehingga pihaknya berharap tower ini bisa segera kembali difungsikan. 

“Ada sudah sekitar empat tahun tidak lagi berfungsi, masyarakat sangat mengharapkan jaringan telekomunikasi ini bisa lagi ada,” ucapnya.

Bupati Berau, Muharram, yang meninjau langsung tower telekomunikasi di Kampung Balikukup, mengungkapkan ada dua kemungkinan dari tidak beroperasinya tower telekomunikasi tersebut. Pertama dikarenakan tidak lagi ada operator yang mengelola dan yang kedua karena tidak lagi ada pembiayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Apa yang disampaikan masyarakat ini dikatakan Muharram akan ditindaklanjuti untuk dapat disampaikan kepada Kemkominfo agar bisa memberikan solusi, sehingga masyarakat di pulau terluar dengan jumlah penduduk cukup banyak ini dapat dengan mudah mendapatkan layanan jaringan telekomunikasi.

Terlebih di Kampung Balikukup disampaikan Muharram telah ada sekolah jenjang sekolah daar maupun sekolah menengah pertama yang tentu juga membutuhkan jaringan internet dalam menunjang pembelajaran. Jaringan telekomunikasi ini menurutnya tentu sangat membantu. 

“Untuk itu saya sangat berharap dukungan agar tower ini dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya,” tandasnya. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: Tower di Balikukup Tak Berfungsi, Bupati Berharap Dukungan Kominfo

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 08, 2018

0 comments :

Post a Comment