-->

Manfaatkan Dana TJSL Dukung Program Pemda

Posted by PORTALBERAU on 8 August 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU — Saat ini forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) telah berjalan. Beberapa program pun telah direalisasikan dalam mendukung program pemerintah daerah. 
Perusahaan yang tergabung didalamnya juga diajak untuk terus meningkatkan peran dalam menjalankan kewajibannya ini melalui Forum TJSL. Seperti yang digelar pada rapat pembahasan melalui Forum TJSL, Rabu (8/8) kemarin. 


Dalam rapat tersebut Bupati Muharram menegaskan bahwa perusahaan yang tergabung di forum ini dapat meningkatkan partisipasinya untuk mendukung program-program pemerintah daerah menjalankan roda pembangunan. Tentu tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut. 

Seperti rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Maratua dan Kelay oleh PT PLN. Dalam hal ini, pemerintah daerah akan memanfaatkan dana TJSL untuk membantu dalam pembebasan lahannya. Dimana anggaran yang diperlukan yaitu senilai Rp 750 juta, untuk pembebasan lahan di Maratua senilai Rp 600 juta dan Kelay Rp 150 juta.

Pemanfaatan dana TJSL ini disampaikan Bupati Muharram karena pemerintah daerah tidak bisa menggunakan anggaran dari APBD Berau. 

“Kita tidak membiayai ini karena PT PLN itu merupakan BUMN. Melalui TJSL ini kita harapkan dapat membantu untuk pembebasan lahan ini. Sehingga program pembangunan PLTD ini bisa terlaksana. Karena PT PLN sudah menganggarkan, jangan sampai pembangunan batal,” ujarnya.

Selain itu dalam rapat juga dibahas terkait pemindahan SMA Maratua. Dimana Pemerintah pusat melalui APBN telah menganggarkan Rp 12,5 miliar untuk pembangunan SMA ini. Saat ini pemerintah daerah diminta untuk menyediakan lahan pembangunannya. 

“Dalam hal ini pemerintah daerah juga tidak berbuat banyak karena kewenangan yang telah beralih ke provinsi. Lewat TJSL ini lah kita harap agar pembangunan bisa secepatnya terlaksana,” tegasnya.

Melalui rapat pembahasan ini ditegaskan Muharram agar perusahaan dapat meningkatkan partisipasinya lagi. Karena masih ada beberapa perusahaan yang belum maksimal menjalankan kewajibannya ini. 

“Ini bukan hanya kepentingan pemerintah saja tapi seluruh masyarakat. Jadi saya harapkan agar perusahaan dapat aktif,” imbuhnya.

Sementara Ketua Forum TJSL, Gazali menyampaikan bahwa dalam perjalanannya forum TJSL ini akan dibenahi terus. Ia pun memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah memenuhi kewajibannya. 

“Kita ucapakan terima kasih kepada perusahaan yang telah peduli dan serius dalam forum ini. Saat ini juga kita sedang menunggu pengesahan perda di DPRD dalam forum TJSL ini. Semoga cepat disahkan dan pelaksanaan bisa dimaksimalkan lagi,” pungkasnya. (hms)

» Terimakasih telah membaca: Manfaatkan Dana TJSL Dukung Program Pemda

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 08, 2018

0 comments :

Post a Comment