-->

Pentingnya Menulis Isu Lingkungan, Jurnalis Lokal Diberi Pelatihan

Posted by marta on 25 September 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Sebagai upaya untuk menambah pengetahuan bagi para jurnalis terutama dalam teknik penulisan terkait isu lingkungan, The Nature Conservancy (TNC) mengundang sejumlah media lokal Berau untuk berpartisipasi pada pelatihan jurnalis menulis konservasi kelautan. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada 23-24 September 2018 lalu, diselenggarakan di Hotel Grand Parama, dengan menghadirkan pembicara Hari Sujadi, salah seorang wartawan Trubus yang berkompeten dalam bidang penulisan isu lingkungan. 

Selama sesi pelatihan tersebut, para jurnalis diberi materi seputar isu lingkungan yang kemudian dilanjutkan dengan materi teknik penulisan isu lingkungan yang baik dan benar. 

Dalam penjelasannya, Hari mengatakan peran media saat mengangkat isu seputar lingkungan akan sangat mempengaruhi kondisi yang terjadi di masyarakat. Sebab melalui tulisan jurnalis yang diterbitkan di media akan menentukan langkah ataupun solusi yang perlu diambil oleh pemerintah, pemerhati lingkungan, maupun masyarakat terkait suatu isu yang sedang beredar. 

"Tulisan jurnalis itu harus ada tujuannya. Maksudnya, apabila mengangkat isu lingkungan, maka harus punya tujuan apakah itu untuk konservasi atau membantu mencari solusi untuk mengatasi sesuatu yang terjadi. Dan tulisan itu bisa berdampak menggerakkan orang-orang untuk berpikir dan berbuat sesuatu," jelasnya. 

Sehingga ia juga menjelaskan untuk membuat tulisan yang dapat menggerakan dan berdampak pada masyarakat, seorang jurnalis harus benar-benar memahami isu yang diangkat, teknik atau cara menuangkan ke dalam tulisan agar para pembaca dapat memahami, juga memenuhi beberapa kaidah jurnalistik lainnya. 

"Yang paling utama sebelum kita menuliskan isu lingkungan, kita harus punya pengetahuan. Kalau pengetahuan sudah tidak ada, akan sulit membawa pembaca untuk menyelami tulisan kita. Tulisan isu lingkungan itu juga harus deskriftif, kita harus pandai mengamati dengan penuh kesadaran sebelum menuangkan semuanya dalam tulisan," lanjutnya.

Pelatihan menulis tersebut kemudian ditutup dengan praktek lapangan yang dilaksanakan di Pulau Kakaban serta Tanjung Batu. Di sana,  para jurnalis diberi kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari pada pelatihan hari pertama. (Tim) 

» Terimakasih telah membaca: Pentingnya Menulis Isu Lingkungan, Jurnalis Lokal Diberi Pelatihan

Related Posts

Portal Berau Updated at: September 25, 2018

0 comments :

Post a Comment