-->

Progres Capai 80 Persen, Jalan Maratua Ditarget Selesai Akhir Tahun

Posted by PORTALBERAU on 31 October 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Proyek pembangunan jalan di Kecamatan Maratua terus dikebut. Hingga saat ini, progres proyek tahun jamak (Multi Years Contract) ini telah mencapai 80 persen. Ditarget hingga akhir tahun ini pembangunan jalan tersebut dapat tuntas seluruhnya dan menghubungkan seluruh kecamatan.

Dalam kunjungan kerja ke Maratua, Bupati Muharram pun menyempatkan diri untuk meninjau progres pembangunan jalan ini. Didampingi Sekretaris Daerah, Gazali serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati Muharram meninjau progress pembangunan jalan yang sedang dikerjakan ini. Pengerjaan dilakukan mulai dari Kampung Teluk Harapan hingga Teluk Alulu.

Usai meninjau pembangunan ini, Bupati Muharram menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus berupaya dalam memenuhi fasilitas pendukung khususnya di pulau terluar ini. 

Sebagai beranda terdepan yang berbatasan dengan Negara tetangga sekaligus destinasi wisata unggulan, tentu pemenuhan fasilitas jalan ini akan menunjang peningkatan kunjungan wisatawan. Begitu juga kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses sejumlah kampung yang ada di sana.

“Dengan adanya jalan tembus ini sampai ke Teluk Alulu bisa memberikan peluang masyarakat secara umum. Saya lihat sudah mulai muncul cafe maupun usaha lainnya. Kita harap ini bakal menjadi peluang dalam membuka pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di sini. Bahkan pengusaha juga bisa mendirikan penginapan untuk memenuhi kunjungan wisatawan. Tentu akan sangat bermanfaat nantinya,” katanya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Rahmad menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan mengembut pengerjaan jalan ini. Diharapkan pengerjaan bisa berjalan lancar dan mulus. 

“Untuk progresnya saat ini, pengerjaan yang melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai 95 persen, dan APBD mencapai 70 persen. Tinggal pengaspalan saja di beberapa titik. Kita target tahun ini selesai. Kalau tahun ini pengerjaan yang dari APBD sepanjang 11 km, sementara DAK di tahun 2017 2 km dan 2018 4 km,” tegasnya.

Pengerjaan jalan yang dilakukan ini bersumber dari dua anggaran, APBD dan DAK. Total panjang jalan yang dibangun nantinya 29 km dengan anggaran senilai Rp 50 miliar dari APBD dan Rp 21 miliar dari DAK. 

“Saat ini yang sedang kita kerjakan adalah jalan dari Teluk Harapan sampai Tanjung Bahaba,” ungkapnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Progres Capai 80 Persen, Jalan Maratua Ditarget Selesai Akhir Tahun

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 31, 2018

0 comments :

Post a Comment