-->

Sekda Buka Forum Konsultasi Publik

Posted by PORTALBERAU on 20 March 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Sekreatis Daerah Berau, M Gazali membuka secara langsung Forum Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Berau tahun 2020, Rabu (20/3) di kantor bupati.


Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD sesuai dengan tema pembangunan yang akan dijalankan yaitu penguatan dan pengembangan ekonomi wilayah berbasis sektor unggulan dan potensial.

Disampaikan Sekda M Gazali, kegiatan ini menjadi bagian dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2019. Sehingga pembangunan yang akan dijalankan nantinya dapat sesuai dengan perencanaan awal dan mengacu pada RPJMD. 

“Dengan memahami tahapan proses penyusunan perencanaan yang sesuai dengan peraturan, kita dapat menyadari arti penting mengapa forum konsultasi publik pada hari ini kita laksanakan,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa tujuan dilaksanakannya konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Berau ini adalah untuk mendapatkan masukan penting Rancangan Awal RKPD yang lebih menitik beratkan pada sektor unggulan dan potensial. Sehingga penyempurnaan atas rancangan awal RKPD Berau tahun 2020 dengan menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan di tahun 2020.

“Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitment seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD),” ucap Gazali.

Dalam kesempatan ini ia mendorong agar perencanaan pembangunan yang akan disusun nantinya dapat memanfaatkan sektor potensial yang belum tergarap maksimal. Mengingat sejauh ini Berau masih bergantung dengan sektor pertambangan. Dimana pendapatan daerah regional beruto (PDRB) Berau didominasi sektor pertambangan dengan 61 persen.

“Hal ini pun sudah terlihat beberapa tahun lalu. Dimana sektor pertambangan mengalami penurunan. Akibatnya keuangan pemerintah daerah juga terpengaruh. Jadi kedepan kita harus bisa mengantikan sektor ini sebagai solusi ketergantungan dengan pertambangan,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Sekda Buka Forum Konsultasi Publik

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 20, 2019

0 comments :

Post a Comment