-->

8 Perpustakaan Sekolah Miliki Sertifikat Akreditasi

Posted by PORTALBERAU on 26 April 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Sebanyak delapan perpustakaan sekolah di Kabupaten Berau telah memperoleh sertifikat akreditasi tahun 2018. Sertifikat akreditasi diserahkan Bupati Berau, Muharram, kepada Kepala sekolah dan kepala perpustakaan sekolah, di acara sosialisasi program peduli perpustakaan sekolah yang digelar di Ruang Sangalaki Setkab Berau, Rabu (24/4). 

Delapan sekolah tersebut diantaranya SDN 003 dan SDN 011 Tanjung Redeb, SMPN 1 dan SMPN 2 Sambaliung, SMPN 4 dan SMPN 5 Tanjung Redeb. serta SMPN 1 Teluk Bayur dan SMPIT Ash Showah Tanjung Redeb. Akreditasi yang diberikan masing masing empat sekolah menerima akreditasi C, dua sekolah akreditasi B dan dua sekolah akreditasi A.

Proses akreditasi perpustakaan sekolah adalah pengakuan formal yang diberikan badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu. Dasar akreditasi perpustakaan sekolah adalah pasal 18 undang undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, yang berbunyi setiap perpustakaan dikelola sesuai dengan standar nasional perpustakaan. 

“Akreditasi perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustaan serta menjamin, konsistensi kualitas perpustakaan,” ungkap Ketua Asosisasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (Atpusi) Kabupaten Berau, Mariani.

Bupati Berau, Muharram, memberikan apresiasi kepada perpustakaan sekolah yang sudah menerima sertifikat akreditasi dengan harapan yang masih memperoleh akreditasi C dan B untuk terus berbenah sehingga mampu memenuhi seluruh syarat perpustakaan berstandar nasional dengan akreditasi A. Bahkan Muharram berharap seluruh sekolah di Kabupaten Berau telah memiliki perpustakaan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Prestasi perpustakaan sekolah di Kabupaten Berau dissampaikan Muharram telah mampu mencatatkan juara tidak hanya di regional namun sudah nasional. Bahkan pada tahun lalu perpustakaan sekolah dari Bumi Batiwakkal mampu menyandang predikat juara I, II dan III tingkat provinsi Kalimantan Timur. Muharram berharap dengan upaya peningkatan kualitas perpustakaan sekolah sesuai standar dan terakreditasi akan semakin menambah perpustakaan sekolah berprestasi. 

“Jika perlu kedepan tidak hanya juara I, II dan III, tapi kita bisa memborong semua peringkat juara, ini jadi motivasi bagi sekolah,” ungkapnya.

Dalam upaya menciptakan perpustakaan yang nyaman dan memadai, Bupati Muharram meminta Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bersama Atpusi sebagai mitra untuk menyediakan perpustakaan sekolah yang baik. Dengan standar yang ditetapkan secara nasional diyakini Muharram bisa diwujudkan diseluruh sekolah. Pemkab Berau akan mensuport anggaran untuk setiap sekolah mengembangkan perpustakaan baik secara kuantitas maupun kualitas.

“Kita akan suport anggaran untuk perpustakaan sekolah dan juga mengajak peran perusahaan swasta untuk bersama membantu perpustakaan,” tandasnya. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: 8 Perpustakaan Sekolah Miliki Sertifikat Akreditasi

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 26, 2019

0 comments :

Post a Comment