-->

Beri Pembekalan Kelola Keuangan Kampung

Posted by PORTALBERAU on 5 April 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Pemerintah Kabupaten Berau mengelar bimbingan teknis pengelola keuangan desa, Kamis (4/4) kemarin. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kabupaten, M Gazali. Melalui Bimtek ini diharapkan sistem pengelola keuangan di kampung dapat lebih maksimal lagi. Sehingga pelaporannya bisa tepat waktu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Ilyas Natsir menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya untuk memperkuat kapasitas aparatur pemerintah kampung dalam mengelola sistem keuangannya. Sehingga capaian dan tujuan yang ditargetkan dalam pengelola keuangan ini dapat dicapai.

Ia menilai bahwa pengelola keuangan ini merupakan hal wajib yang harus dikuasai oleh pemerintah kampung.
Apalagi dengan jumlah alokasi dana kampung (ADK) yang setiap tahunnya cukup besar nilainya. Tentu dengan 
pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka anggaran yang ada ini dapat dimaksimalkan demi peningkatan
kesejahteraan masyarakat. 

"Kita laksanakan pelatihan ini karena setiap tahunnya itu selalu ada peraturan
yang baru. Sehingga pemerintah kampung harus bisa mengetahui aturan ini dan mengikutinya. Sehingga
pengelolaan keuangan dan pelaporan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Sementara Sekretaris Kabupaten, M Gazali mengatakan bahwa agar pelatihan ini dapat dimaksimalkan oleh para peserta. Menurutnya pengelolaan keuangan ini merupakan hal yang melekat erat dengan program pembangunan di kampung.
Tentu dengan pengelolaan keuangan yang baik maka pembangunan di kampung juga menjadi lebih tepat sasaran dan berjalan sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan. 

"Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam pengelola keuangan ini. Dan itu sudah diatur dalam undang-undang. Sehingga pemerintah kampung tinggal mengikuti dan menjalankan saja," katanya.

Ia menegaskan bahwa pemerintah kampung juga harus memiliki target yang jelas setiap tahunnya.
Apa saja yang menjadi target untuk dicapai tentu perlu diwujudkan. Ini lah yang menjadi bahan evaluasi
setiap tahunnya mengenai hal-hal apa saja yang masih menjadi kekurangan. 

"Harus bisa disesuaikan dengan rencana
pembangunan jangka menengah kampung. Program yang dijalankan harus sesuai dengan rencana kerja dan rencana strategis. Konsisten dengan rencana awal, itu yang terutama," tegasnya.

Gazali juga mengatakan bahwa dalam menyusun progarm ini pemerintah kampung harus memiliki sasaran yang jelas dan tepat. Meskipun anggaran yang diturunkan besar, bila tidak memiliki dampak nyata bagi pembangunan kampung maka program ini tidak maksimal dijalankan.
Tentu harus ada manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan disesuaikan dengan program kerja pemerintah kabupaten.

"Harus ada manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Tentu program ini akan sukses jika masyarakat sudah menikmati manfaat pembangunan," pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Beri Pembekalan Kelola Keuangan Kampung

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 05, 2019

0 comments :

Post a Comment