-->

Bupati Dorong Maksimalkan Potensi di Daerah

Posted by PORTALBERAU on 16 April 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Bupati Muharram menegaskan bahwa masih banyak sumber-sumber potensi yang bisa dimaksimalkan lagi di Kabupaten Berau untuk mendukung pendapatan daerah. Seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan ekonomi kreatif.  Oleh karena itu ia mendorong agar potensi yang ada ini bisa digali dan dikembangkan untuk dapat menjadi bagian dalam pemasukan daerah dan tentunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Muharram menyampaikan bahwa belum tergalinya potensi ini terlihat dari produk-produk lokal yang keluar dari Berau. Dimana produk yang masuk tidak diimbangi dengan produk yang keluar. Seperti di pelabuhan bongkar muat, setiap tahunnya peti kemas yang masuk mencapai puluhan ribu. Sementara untuk barang yang keluar sangat jauh dibawahnya.
“Pada tahun 2017 yang masuk ke Berau itu sebanyak 21 ribu, meningkat di 2018 menjadi 28 ribu. Tapi barang yang keluar dari sini hanya berkisar 15 ribu saja. Ini kan sangat jauh. Padahal potensi kita di sini sangat besar. Namun produk yang dihasilkan masih sedikit dan lebih banyak barang luar yang masuk,” katanya.
Ia menilai jika saja potensi yang ada ini dimaksimalkan maka perputaran perekonomian di masyarakat akan semakin meningkat. Dengan menghasilkan produk lokal dan dikirim ke luar daerah, pendapatan yang masuk juga akan meningkat. “Harusnya bisa seimbang barang yang masuk dan keluar. Mari kita lebih produktif lagi. Manfaatkan apa yang kita miliki untuk meningkatkan pendapatan,” imbuhnya.
Muharram menilai bahwa peluang yang ada ini masih sangat terbuka lebar untuk dimaksimalkan lagi. Karena potensi besar yang ada di Berau di berbagai sektor. Ia pun mengharapkan agar kedepan potensi ini dapat tergali dan memacu pertumbuhan ekonomi yang pesat bagi daerah. Sehingga target dalam pemenuhan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai sesuai dengan program pemerintah.
“Peti kemas yang masuk ke sini puluhan ribu tapi tidak sebanding dengan yang keluar. Kan sangat sayang peti kemas yang ke Surabaya dan Jakarta ini kosong. Kalau bisa komoditas yang layak jual dari Berau bisa masuk juga dikirim ke sana. Saya harap ini bisa tercapai dan perekonomian masyarakat juga bisa meningkat,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Bupati Dorong Maksimalkan Potensi di Daerah

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 16, 2019

0 comments :

Post a Comment