-->

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Posted by PORTALBERAU on 25 April 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Meningkatkan minat bacamasyarakat, pengelolaan perpustakaan dituntut agar terus berkreasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terobosan dan inovasi pun menjadi bagian tak terpisahkan yang harus dilakukan dalam meningkatkan kunjungan ini. Disamping itu juga terus melengkapi sarana dan prasarana sehingga menjadi daya tarik masyarakat.


Untuk memenuhi hal tersebut, Wakil Bupati Agus Tantomo menijau kondisi terkini di perpustakaan daerah. Didampinggi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Hendratno, satu per satu ruangan di perpustakaan ditinjau. Tak hanya fasilitas saja, jumlah anggota serta tingkat kunjungan pun menjadi bagian sebagai bahan evaluasi dalam tinjauan ini.
Usai peninjauan, Agus Tantomo menyampaikan bahwa secara umum pengelolaan perpustakaan sudah berjalan dengan baik. Dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui fasilitas yang ada. Total ada sekitat 38 ribu jumlah koleksi buku di sana, dengan tingkat kunjungan mencapai 21 ribu setahun.
Dalam meningkatkan jumlah kunjungan dan minat baca ini,Agus memberikan beberapa masukan dalam mengelola perpustakaan ini, seperti memberikan ruang diskusi di perpustakaan. Ruang diskusi ini yang bisa dimanfaatkan para pelajar yang ingin mencari solusi dan ide dalam menyelesaikan pekerjaan di sekolahnya. “Ini saya rasa sangat perlu lah,” tegasnya.
Kemudian ia juga mengarahkan agar perpustakaan daerah ini dapat dijalankan secara online dan terkoneksi dengan seluruh perpustakaan yang ada, di kecamatan, kampung ataupun sekolah. “Jadi nantinya terkoneksi menjadi satu. Misalnya ada yang ingin mencari buku di Labanan, bisa melihat katalog saja, kalau sudah ketemu tinggal diantar ke sana. Tentu para pembaca akan lebih mudah dan menjadi tertarik,” jelasnya.
Ditegaskan juga bahwa kemajuan sebuah negara itu sangat ditentukan oleh sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Kedua hal ini merupakan sumber kekuatan yang akan mendongkrak kemajuan bangsa tersebut. Sehingga harus dilengkapi dengan utuh. “Melalui bacaan lah kita dapat meningkatkan SDM kita. Membentuk karakternya, semakin banyak membaca semakin meningkat kemampua,” katanya.
Menurutnya saat ini informasi yang diperlukan itu sangat mudah diproleh. Tinggal bagaimana mengolah informasi ini menjadi sesuatu yang memiliki manfaat. Agus pun mendorong seluruh pelajar agar terus mengali potensi dirinya dengan banyak membaca. Melalui bacaan ini lah yang akan mendorong minat pelajar itu berkembang. “Harus menjadi generasi milenial yang tidak ketinggalan perkembangan informasi,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 25, 2019

0 comments :

Post a Comment