-->

Begini Persiapan Pemkab Jelang Penilaian Adipura

Posted by PORTALBERAU on 21 May 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Berau menargetkan untuk meraih penghargaan Piala Adipura kembali. Persiapan pun sudah mulai dilakukan sejak dini sebelumnya penialaian tahap pertama pada Juni nanti dilakukan. Satu per satu persoalan yang selama ini menjadi kendala bakal dibenahi secepatnya.


Memantapkan persiapan itu, Pemerintah Kabupaten Berau pun mengelar rapat evaluasi persiapan Adipura, Senin (20/5). Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo didampinggi Kepala Bapelitbang, Agus Wahyudi. Hadir dalam rapat ini organisasi perangkat daerah terkait serta sejumlah perusahaan yang terlibat untuk membantu mempertahankan Adipura ini.

Dalam rapat tersebut, Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah B3, Junaidi menyampaikan bahwa pada tahun lalu ada beberapa evaluasi yang perlu dibenahi dan difokuskan untuk secepatnya ditangani. Dalam hal ini ada empat lokasi yang perlu menjadi perhatian, dan keempatnya memiliki poin nilai yang sangat tinggi.

Junaidi menjelaskan bahwa TPA masih memiliki nilai yang sangat tinggi dalam penilaian ini. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, disampaikannya bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Dan dalam waktu dekat ini diharapkan sudah bisa dilakukan pembenahan, seperti penimbunan. Sementara untuk pasar masih diperlukan TPS.

“Kalau tahun lalu kita belum ada pengolahan kompos, sekarang sudah ada. Yah saya rasa penilaian bisa lebih tinggi di pasar,” katanya.

Selain itu, lokasi yang menjadi titik pantau lainnya dengan nilai tinggi yaitu hutan kota dan TPST. Ia menyampaikan bahwa untuk hutan kota sudah cukup bagus, tinggal ditambahi fasilitas bak sampah saja di sana. Sehingga pengujung yang datang ke sana bisa lebih menjaga sampah yang dibawa.

“Begitu juga TPST yang masih perlu kita benahi lagi. Keempat lokasi ini menjadi titik pantau dengan nilai sangat tinggi,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Agus Tantomo mengatakan bahwa dari hasil rapat tersebut mendapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, ia mengarahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk mendata dan melengkapi dokumen terkait item penilaian yang akan dilakukan. Data ini yang akan dibandingkan dengan tahun lalu.

“Jadi kita lihat kalau tahun lalu seperti ini, berapa nilai yang kita dapat. Sehingga kita tahu apa yang menjadi kekurangan dan harus dibenahi. Saya minta ini bisa dilakukan untuk langsung kita evaluasi,” katanya.

Agus juga menyampaikan agar DLHK membuatkan surat permohonan bantuan ke perusahaan. Dimana dalam penimbunan di TPA Bujangga memerlukan anggaran senilai Rp 200 juta. Saat ini ada 14 perusahaan yang ambil bagian dalam tim persiapan ini.

“Kalau dibagi, perusahaan membantu sekitar Rp 14 juta. Kita harap ini bisa dibantu sehingga bisa langsung dikerjakan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Agus menegaskan bahwa target pemerintah kabupaten bukan hanya sekedar meraih Adipura saja tapi untuk menciptakan kesadaran kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan.

“Dengan raihan Adipura ini menjadi dorongan bagi kita untuk lebih menjaga kebersihan,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Begini Persiapan Pemkab Jelang Penilaian Adipura

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 21, 2019

0 comments :

Post a Comment