-->

Disdukcapil Tetap Jemput Bola Selama Bulan Puasa

Posted by PORTALBERAU on 6 May 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tetap menjalankan jemput bola perekaman KTP-el langsung ke masyarakat. Namun dalam bulan puasa ini, pelaksanaan perekaman hanya difokuskan pada empat kecamatan terdekat saja.


Kepala Disdukcapil, David Pamuji menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan ibadah puasa ini, pihaknya telah melakukan jemput bola ke kecamatan terjauh. Terakhir pekan lalu dijalankan di Sambaliung dan Maratua. Sebelumnya juga telah dijalankan di Talisayan, Batu Putih, Biduk-Biduk dan kecamatan lainnya. 
“Kalau sekarang kita utamakan ke lokasi yang tidak perlu menginap. Jadi hanya empat kecamatan terdekat saja,” katanya.
David mengatakan dalam tiga hingga empat minggu kedepan pihaknya akan rutin melakukan jemput bola perekaman KTP-el ini langsung ke masyarakat. Pihaknya akan menyusun agenda untuk pelaksanaan ini. 
“Yang jelas kita jalan pagi dan pulang sebelum berbuka puasa,” jelasnya.
Sejauh ini disampaikan bahwa perekaman KTP-el sudah mencapai 96 persen secara kabupaten. Data ini hanya yang masuk di Disdukcapil saja. Sementara untuk masyarakat yang pindah domisili dan berumur 17 tahun belum masuk dalam data. 
“Sisa beberapa persen saja yang belum merekam. Oleh karena itu kita langsung jemput bola termasuk yang sudah berumur 17 tahun,” ungkapnya.
Sementara untuk pelayan yang ada di kantor tetap berjalan seperti biasa namun waktu jam layanan yang lebih dimundurkan. Yang semulanya dilakukan pada pukul 08.00 Wita menjadi 08.30 Wita. Hal ini disesuaikan dengan surat edaran Mendagri tentang jam kerja selama bulan puasa. Sementara untuk penutupan layanan pukul 15.00 Wita.
Ia mengharapkan dengan sistem jemput bola ini bisa menjangkau langsung msayarakat yang tidak sempat datang ke kantor Disdukcapil. Karena selama ini hal tersebut merupakan salah satu kendala yang dihadapi hingga akhirnya perekaman tidak sampai ke semua masyarakat. Dengan kesibukan msayarakat di masing-masing kampung tentu menjadi pertimbangan pihaknya dalam menjalankan sistem jemput bola ini. 
“Kalau langsung jemput bola kita harapkan bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Disdukcapil Tetap Jemput Bola Selama Bulan Puasa

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 06, 2019

0 comments :

Post a Comment