-->

Wacana Tempatkan Sarjana Kesehatan di Kampung

Posted by PORTALBERAU on 6 May 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Kesehatan menjadi salah satu prioritas dari Pemerintah Kabupaten Berau untuk dipenuhi. Dengan mewujudkan masyarakat yang sehat diharapkan menjadikan pembangunan daerah menjadi lebih cepat dan gencar. Mewujudkan langkah ini, Bupati Muharram pun mewacanakan agar setiap kampung memiliki sarjana kesehatan masing-masing.


Ia mengatakan bahwa saat ini seluruh kecamatan telah memiliki puskesmas masing-masing. Namun untuk lebih memfokuskan pelayanan ke setiap kampung diperlukan ada tenaga yang bertanggung jawab di sana. 
“Jadi saya rasa perlu ada sarjana kesehatan ini di setiap kampung,” katanya.
Muharram menilai bahwa peran sarjana kesehatan ini akan sangat besar untuk menjaga kesehatan di masyarakat kampung. Mereka lah yang nantinya menjadi pioner kesehatan di kampung. Dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menjaga kesehatannya tetap optimal. Karena menurutnya dalam menjaga kesehatan ini harus dimulai dengan tindakan preventif atau pencegahan. 
“Kalau sudah sakit yang bakalan susah. Jadi perlu ada pencegahan sejak awal,” ujarnya.
Dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya dan tetap memperhatikan pola makan dan hidup. Ia menilai bahwa kebersihan ini lah yang menjadi salah satu faktor utama timbulnya penyakit tersebut. Sehingga perlu ada upaya yang harus diprakarsai untuk ditiru dan dijalankan masyarakat kampung. 
“Di sinil lah peran sarjana kesehatan itu. Mereka nantinya menjadin pioner di msayarakat. Saya rasa program ini cukup perlu dijalankan,” katanya.
Ditegaskan bahwa menjaga kesehatan ini harus digaungkan terus. Dengan melakukan sosialisasi maupun tindakan pencegahan yang masif di masyarakat. Oleh karena itu ia pun mengarahkan agar setiap kepala kampung aktif untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sekitarnya. Ia mengajak agar seluruh pihak bisa bersama-sama menjaga kebersihan yang dapat menciptakan lingkungan sehat di masyarakat.
Saat ini sendiri pemerintah kabupaten juga telah menjadwalkan agenda rutin setiap bulannya untuk menjalankan kegiatan gotong royong kebersihan. Seluruh OPD termasuk kecamatan juga dihimbau untuk menjalankan program ini. Dengan langkah ini diharapkan bisa menjadi pemacu bagi masyarakat agar sadar dalam menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Wacana Tempatkan Sarjana Kesehatan di Kampung

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 06, 2019

0 comments :

Post a Comment