-->

Hadiri Operasi Ketupat Mahakam 2019, Ini Imbauan Bupati Berau

Posted by PORTALBERAU on 28 May 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Kabupaten Berau, Polres Berau melaksanakan Operasi Ketumat Mahakam 2019. Kegiatan ini resmi dimulai dan ditandai dengan apel gelar pasukan di Mapolres Berau, Selasa (28/5).


Giat Ops dihadiri oleh Bupati Berau, Muharram, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Perwakilan Senkom, Tagana, Jasa Raharja serta Forkompimda.

Operasi Ketupat Mahakam 2019 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 2019 ini resmi dimulai ditandai dengan penyematan pita secara simbolis oleh pimpinan apel, yakni Kapolres PPU, AKBP Pramuja Sigit Wahono.

"Apel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan kepada masyarakat umum, sehingga tercipta perasaan aman dan nyaman bagi masyarakat," katanya dalam sambutan.

Apel gelar pasukan ini juga diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara. Diharapkan, komponen penyelenggara ini meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas pengamanan lebaran 2019. 

“Kita menurunkan tim gabungan sekitar 700 personel yang tersebar di 11 Pos PAM, pos pelayanan, pos kesehatan dan pos pelayanan terpadu,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan operasi ketupat ini setiap personil harus meningkatkan kewaspadaan, mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah dan tempat-tempat lainnya. Mengingat aksi-aksi tersebut sangat sulit diketahui sehingga kewaspadaan personil sangat penting saat mengamankan tempat-tempat ibadah.

Selain itu, mengoptimalkan penggelaran anggota di tengah masyarakat, serta melakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurangi dan mengurai kemacetan dan kecelakaan lalu lintas sangat perlu di lakukan menyusul dalam situasi perayaan lebaran jumlah pengguna kendaraan pasti akan meningkat terkhusus di jalan-jalan protokol.

Sementara itu, Bupati Berau, Muharram yang turut hadir dalam apel ini mengatakan, pihaknya sebagai pemerintah daerah menghimbau kepada para petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP serta perangkat daerah lain yang terlibat dalam pengamanan operasi ketupat agar dapat memaksimalkan kerja sama dengan anggota kepolisian. Hal tersebut dilakukan guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi umat yang akan merayakan lebaran serta libur panjang.

“Saya pastikan sinergitas kepolisian dan juga pemerintah daerah dalam mengamankan Hari Raya Idul Fitri akan berjalan dengan baik. Saya juga menghimbau para ormas, atau kelompok masyarakat lain agar dapat berpartisipasi dalam menjaga kelancaran perayaan sehingga tercipta suasan harmonis antara umat beragama,” tandasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Hadiri Operasi Ketupat Mahakam 2019, Ini Imbauan Bupati Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 28, 2019

0 comments :

Post a Comment