-->

Antisipasi Dalam Hadapi Bencana, Ini Yang Dilakukan BPBD Berau

Posted by PORTALBERAU on 20 June 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDD) Kabupaten Berau mengelar Rapat Koordinasi Forum OPD Persiapan Penyusunan Kajian Resiko Bencana dan Peta Resiko Bencana di Kabupaten Berau tahun 2019, Rabu (19/6).


Rapat ini merupakan salah satu bentuk antisipasi dalam menghadapi bencana yang bisa saja terjadi. Sehingga ada pemahaman mengenai kondisi yang ada serta langkah-langkah yang diambil untuk menghadapi bencana tersebut.

Melalui rapat ini juga diharapkan bisa menghasilkan kebijakan-kebijakan strategis oleh Pemerintah Kabupaten Berau untuk siap sedia dalam mengatasi bencana yang terjadi, seperti pemberian pemahaman kepada masyarakat serta sosialisasi dini dalam menghadapi becana yang mungkin terjadi. Mengingat potensi bencana ini yang bisa saja terjadi kapan pun dan dimana saja. Sehingga perlu ada pemahaman sekaligus pemetaan mengenai resiko bencana yang ada.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Berau, Muharram menyampaikan bahwa dengan adanya peta bencana serta analisis bencana yang ada ini memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk selalu waspada dan bersiap menghadapinya. Dengan adanya kesiapan ini tentu ada langkah-langkah yang bisa dilakukan nantinya jika bencana tersebut terjadi.

"Kita pro aktif untuk mendukung. Dalam menyusun ini pun harus dijalankan secara real dan tepat. Sehingga kita fokus dalam menghadapi bencana itu sendiri," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini belum ada peta bencana yang secara khusus memetakan mengenai potensi bencana yang bakal terjadi. Sehingga sering kali tidak ada kesiapan jika terjadinya bencana. Melalui peta yang akan disusun nantinya, tentu bakal memberikan kemudahan dan gambaran, langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi bencana yang bakal terjadi.

"Tanpa ada peta resiko bencana ini, kita ibaratnua hanya menunggu dan tidak ada kesiapsiagaan secara optimal. Kalau kita sudah tahu informasi ini, maka ada filter awal," pungkasnya.

Kepada para peserta diharapkan agar rapat tersebut bisa dijalankan dengan maksimal. Sehingga hasilnya bisa dipetakan sesuai dengan kondisi real yang ada di lapangan.

"Saya minta agar hasilnya bisa tepat dan nyata. Jangan sampai keliru membuat peta resiko bencana ini," pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Antisipasi Dalam Hadapi Bencana, Ini Yang Dilakukan BPBD Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: June 20, 2019

0 comments :

Post a Comment