-->

PDAM Tirta Segah Maksimalkan IPA di Setiap Kecamatan

Posted by PORTALBERAU on 25 June 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– PDAM Tirta Segah saat ini mulai melakukan inventarisir instalasi pengolahan air (IPA) yang ada di setiap kecamatan. Dimulai dari kecamatan pesisir Selatan beberapa waktu lalu, dengan mendata IPA yang ada di masing-masing kecamatan.


Dari pendataan yang ada dilihat mengenai potensi di setiap IPA untuk dimaksimalkan lagi sekaligus kekurangan apa yang perlu dibenahi. Seperti di Kecamatan Biduk-biduk yang saat ini masih tahap pembangunan di Tanjung Perepat, Pantai Harapan dengan kapasitas 20 liter per detik.

“Untuk sambungan rumah bisa mencapai 450 rumah tangga,” ujar Direktur PDAM Tirta Segah, Saiful Rahman.

Kemudian untuk di Batu Putih yang mengambil sumber air dari Telaga Biru dengan kapasitas 10 liter per detik. Total sambungan rumah yang bisa dialirkan sebanyak 450 rumah tangga. Dan di Kecamatan Talisayan dengan kapasitas yang beroperasi saat ini 20 liter per detik mengaliri sekitar 1000 rumah tangga.

“Sebenarnya di sana 30 liter per detik, yang 10 liter per detik sisanya akan kita maksimalkan lagi, sehingga bisa menambah sambungan rumah baru. Saat ini sudah dapat melayani masyarakat di Kampung Dumaring, Talisayan, Capuak dan Campur Sari,” kata Saiful.

Untuk Kecamatan Tabalar dan Biatan saat ini masih dalam tahap pengoptimalan. Sambungan rumah yang ada di Kecamatan Tabalar sebanyak 405 dan Biatan sebanyak 250.

“Sudah operasi di sana tapi masih belum maksimal,” jelasnya.

Terpisaha, Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun kedepan ini, Pemerintah Kabupaten Berau akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan dasar di masyarakat. Tim percepatan pembangunan ini pun telah dibentuk.

“Saat ini sudah mulai dibenahi apa saja kekurangan yang ada di kecamatan. Pada tahun 2021 pemenuhan bisa dimaksimalkan. Meskipun tidak bisa seluruhnya tapi sebagian besar masyarakat kita harap sudah dapat menikmati air minum ini,” pungkasnya. (hms5)


» Terimakasih telah membaca: PDAM Tirta Segah Maksimalkan IPA di Setiap Kecamatan

Related Posts

Portal Berau Updated at: June 25, 2019

0 comments :

Post a Comment