-->

23 Pegawai Ikuti Talent Pool di Banjarmasin

Posted by marta on 16 July 2019





TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Sebanyak 23 pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau mengikuti Pelaksanaan Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator atau talent pool di Banjarmasin beberapa waktu lalu. Para pegawai yang mengikuti program Badan Kepegawaian Nasional (BKN) ini terdiri dari 5 eselon II dan 18 eselon III atau administrator.


Kegiatan ini merupakan program dari BKN dalam menyiapkan database potensi dan kompetensi (talent pool). Hasil dari program ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mutasi atau promosi. Mengingat pimpinan tinggi harus memiliki kompetensi sosial kultural agar bisa menjadi perekat bangsa sehingga BKN menjalankan progam ini. Bahkan hasilnya juga dapat digunakan untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama (JPT).

Dalam kegiatan ini para peserta menjalani serangkaian kegiatan yaitu menjawab kasus yang diberikan kemudian menjalan psiko tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Setelah itu peserta menjalani diskusi dan wawancara.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Maulidiyah yang menjadi salah satu peserta dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini BKN ini melihat kualitas dan kemampuan para peserta. Untuk hasilnya bisa bertahan selama dua tahun dan masuk dalam database BKN. 

“Hasil yang kita proleh nanti sudah online, jadi kalau ada kegiatan kepegawaian atau seleksi dapat digunakan bisa digunakan sebagai dasar. Tidak perlu lagi ikuti tes. Bahkan ini bisa berlaku untuk seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pada pelaksanaan tersebut disampaikan Maulidiyah, panitia juga mempertanyakan mengenai inovasi yang telah dilaksanakan selama ini. Hal ini pun menjadi salah satu nilai tambah yang dapat digunakan dalam meningkatkan penilaian. 

“Kan sudah banyak inovasi yang kita jalankan. Itu saya paparkan semua. Untuk hasilnya masih menunggu lagi, informasinya sebulan keluar,” ujarnya.

Menurutnya, proses tes seperti ini cukup bagus. Karena pelaksanaan yang disatukan tanpa menunggu seleksi lagi di masing-masing kabupaten/kota. 

“Hasilnya kan bisa digunakan oleh setiap daerah. Jadi kalau ada JPTP lagi tidak perlu tes, tinggal melihat hasil dari BKN sesuai dengan jabatan apa yang dicari,” pungkasnya. (*)

» Terimakasih telah membaca: 23 Pegawai Ikuti Talent Pool di Banjarmasin

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 16, 2019

0 comments :

Post a Comment