-->

379 Mahasiswa KKN Disebar ke Kampung

Posted by PORTALBERAU on 4 July 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – 379 mahasiswa yang berasal dari tiga Perguruan Tinggi (PT), Unmul, STIT dan STIPER Berau bakal mengikuti kuliah kerja nyata (KKN). Para mahasiswa tersebut bakal disebar ke seluruh kampung dan kelurahan. Pelepasan dilakukan langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Dahniar Ratnawati, Rabu (3/7) di Kantor Bupati Berau.


Dalam pelepasan mahasiswa KKN itu, dihadiri pula oleh Ketua LPPM Unmul, Ketua STIT dan STIPER Berau, para dosen serta staf di masing-masing PT. Tampak hadir juga sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Berau. Pelepasan ditandai dengan penandatanganan penyerahan oleh sejumlah perwakilan dari PT dan Staf Ahli Bupati.

379 mahasiswa ini terdiri dari, 330 mahasiswa dari Unmul yang merupakan angkatan ke-45, 35 mahasiswa STIT dan 14 dari STIPER Berau. Khusus mahasiswa Unmul akan disebar ke 60 kampung di Bumi Batiwakkal.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN ini akan disebar di beberapa kecamatan. Dalam pelaksanaannya, mereka melakukan KKN selama dua bulan terhitung sejak pelepasan itu, dengan ditempatkan di beberapa lokasi sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Sebagian besar kegiatan yang dilakukan para mahasiswa KKN itu adalah pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Dahniar Ratnawati mewakili Bupati Muharram mengatakan agar dalam KKN ini para mahasiswa dapat bersinergi dengan penduduk setempat dan menerapkan ilmu yang telah diproleh dari kampus untuk diaplikasikan di lokasi yang akan ditempatkan nantinya.
Menurutnya, cukup banyak persoalan yang akan dihadapi di kampung nantinya.

 “Setiap kampung saat ini juga mendapatkan dana yang cukup besar melalui ADK, dengan besaran yang disesuaikan dengan potensi kampung yang ada. Diharapkan para mahasiswa dapat berperan dalam meningkatkan SDM masyarakat setempat, sehingga menjadi lebih baik kedepannya,” jelasnya.

Tentu melalui KKN ini dapat memberikan dampak positif juga bagi pemerintah kampung. Ada manfaat yang didampatkan masyarakat dalam KKN. 

“Ada proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang telah diproleh semasa mengikuti perkulihan,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: 379 Mahasiswa KKN Disebar ke Kampung

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 04, 2019

0 comments :

Post a Comment