-->

Dinas Pertanian dan Peternakan Periksa Kelayakan Hewan Qurban

Posted by PORTALBERAU on 30 July 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Berau melaksanakan pemeriksaan kesehatan beberapa ekor di Jalan Pangeran Hidayatullah Tanjung Redeb, sekitar pukul 10:00 WITA, Selasa (30/07/2019).


Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta kondisi kesehatan hewan qurban menjelang Hari Raya Idul Adha 11 Agustus mendatang. Di lokasi nampak terlihat beberapa petugas dari Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) melakukan pengambilan sampel darah ke beberapa ekor sapi.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Berau, Mustakim melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kabid Keswan Kesmavet) I Putu Setion mengatakan jika ini merupakan agenda tahunan pihaknya agar saat pelaksaan ibadah qurban hewan yang disembelih dalam kondisi sehat dan bebas penyakit.

“yang jelas Ini merupakan kegiatan rutin kita setiap tahun, tujuannya untuk memastikan hewan qurban itu dalam kondisi sehat. Disini kita melakukan pengambilan sampel darah, pengobatan dan administrasi,”. Katanya.

Lanjut Setion, selanjutnya dari hasil sampel tersebut akan dikirim ke Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Dinas Peternakan kota Samarinda dan setelah dinyatakan layak maka dari pihaknya akan memberi label sehat yang digalungkan ke leher Sapi yang lolos uji.

“Itu biasanya nanti kita menerima hasil lab dari sana dan jika dinyatakan dari sampel darah tersebut lolos maka nanti kita yang disini akan memeberikan label sehat ke Sapi tersebut,” lanjutnya.

Disisi lain, Peternak Sapi Zainal Abidin mengaku senang mendapat kunjungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Berau ini melalui Dinas Pertanian dan Peternakan. Dikatakannya bahwa dari 110 ekor sapi yang ia miliki ada sekitar 10 sapi yang patut untuk diperiksa karena terlihat lesu.

“Tentu kita sebagai peternak merasa senang karena dari sini kita bisa melihat kalau kita itu diperhatikan oleh Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pemeriksaan ini akan dilakukan di empat kecamatan yakni, Tanjung Redeb, Sambaliung, Gunung Tabur dan Teluk Bayur. (*)

» Terimakasih telah membaca: Dinas Pertanian dan Peternakan Periksa Kelayakan Hewan Qurban

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 30, 2019

0 comments :

Post a Comment