-->

Samkolder Youtuber Asal Kanada Kunjungi Derawan dan Maratua

Posted by PORTALBERAU on 4 July 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Para penggemar youtube, apalagi yang hobi fotografi atau videografi dan traveling, kemungkinan besar mengenal Samkolder, warga negara Kanada ini memiliki jutaan subsribers di chanel youtube dan jutaan follower di akun instagram.


Tapi siapa sangka, trend setter dalam dunia fotografi dan videografi ini, diam-diam sedang berlibur di Kepulauan Derawan. Ini terlihat dari beberapa unggahannya di instastory @Samkolder yang sedang menikmati perjalanan menggunakan speedboat menuju Pulau Derawan.
Tapi Samkolder tidak datang seorang diri, menurut Kepala Dinas Pariwisata Berau, Masrani, Samkolder datang bersama sejumlah tim dari Kementerian Pariwisata. 
“Saya sempat ketemu dengan mereka, tapi sebentar saja, karena mereka hanya punya waktu lima hari untuk berkunjung ke Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki, dan kalau sempat, mereka juga akan ke Labuan Cermin, Bidubiduk,” kata Masrani.
Masrani mengatakan, kedatangan Samkolder ke Berau untuk membantu Kementerian Pariwisata, mempromosikan objek-objek wisata di Kabupaten Berau. Di akun instagramnya, Samkolder juga mengambil beberapa foto yang berisi tumpukan sampah. Dalam caption-nya, Samkolder mengajak masyarakat, untuk menyisihkan waktu 10 menit, memungut sampah.
Sebuah kegiatan yang menurutnya ringan dilakukan, tetapi akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan. 
“Hanya memerlukan waktu 10 menit setiap harinya untuk membuat perubahan. Terkadang hanya itu (waktu 10 menit) yang dibutuhkan. Semua sampah berakhir di laut, mengancam keindahan kehidupan laut, terumbu karang di area ini,” tulisnya.
Sampah memang menjadi masalah, tidak hanya di Kabupaten Berau, tetapi di seluruh dunia. Sampah-sampah di tempat objek wisata Kepulauan Derawan, dalam pengamatan Tribunkaltim, mayoritas berasal dari negara lain yang berbatasan dengan perairan Berau.
Ini bisa dilihat dari sampah plastik kemasan makanan, minuman, atau produk lain yang dalam penulisannya menggunakan bahas Melayu Malaysia. Sampah-sampah ini terbawa arus laut dan menumpuk saat posisi air laut sedang pasang, kemudian hilang dengan sendirinya saat surut. Namun masih menyisakan sebagian sampah di tepi pantai atau tersangkut di terumbu karang. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Samkolder Youtuber Asal Kanada Kunjungi Derawan dan Maratua

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 04, 2019

0 comments :

Post a Comment