-->

Begini Cara Guru PPKn SMKN 4 Beri Pengetahuan Kearifan Lokal Kepada Siswanya

Posted by PORTALBERAU on 6 August 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, sehingga siswa lebih antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Guna terciptanya hal tersebut guru PPKn SMKN 4 Berau Syainal S.Pd membawa Siswa-Siswinya terjun langsung kelapangan.


Agar para siswa siswinya mengetahui  kondisi  langsung  dilapangan. Syainal membawa siswa XII ATP berkunjung ke Kampung Long Beliu Kecamatan Kelay. Adapun sub tema pembelajaran yang berkaitan dengan kegiatan ini adalah soal kearifan lokal. 

"Dengan kunjungan ini saya berharap siswa lebih cinta dengan kearifan lokal disini dan sebagai generasi penerus bisa melestarikanya," ungkap Syainal

Ada beberapa hal yang mereka pelajari di kampung tersebut, salah satunya tradisi upacara-upacara yang kerap dilakukan oleh masyarakat kampung.  Hal ini yang menjadi minat para siswa-siswi untuk mengetahuinya. 

"Kami bertemu salah satu warga kampung bernama Andreas Obed. Beliau menjelaskan jika masih banyak yang belum mengetahui terkait tradisi upacara-upacara adat yang ada di kampung tersebut," ucapnya.

Syainal berharap, dengan edukasi ini para siswa siswinya bisa mengetahui lebih banyak. Meski saat ini waktu cukup terbatas, namun ia berkeinginan agar siswa siswinya bisa terus mengembangkan pengetahuan terkait kearifan lokal.

"Saya harap, mereka sebagai generasi bisa terus mengembangkan pengetahuan mereka, tak hanya kampung ini, mungkin juga beberapa kampung lain. Dan semoga mereka bisa menjadi generasi muda yang berkualitas dengan pengetahuan yang luas," pungkasnya. (*)


» Terimakasih telah membaca: Begini Cara Guru PPKn SMKN 4 Beri Pengetahuan Kearifan Lokal Kepada Siswanya

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 06, 2019

0 comments :

Post a Comment