-->

Lakukan Koordinasi, Antisipasi Kebakaran Hutan Sejak Dini

Posted by PORTALBERAU on 28 August 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) mengelar rapat koordinasi tentang antisipasi kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Berau, Selasa (27/8) di Ruang Rapat Sangalaki Kantor Bupati. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Muharram. Hadir dalam rakor ini, Wakil Bupati, Agus Tantomo, camat dan kepala kampung.


Dalam laporannya, Kepala BPBD Berau, Thamrin menyampaikan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo serta Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Mengingat pada bulan Agustus ini telah memasuki musim kemarau.

“Hingga saat ini kebakaran hutan dan lahan cukup banyak terjadi. Sampai Agustus ini telah terjadi 148 kasus dan BPBD menangai 77 kasus,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kasus kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan ini terjadi di semua kecamatan. Sementara kasus yang cukup banyak terjadi di Kecamatan Teluk Bayur, Gunung Tabur, Segah, Talisayan, Biatan dan Pulau Derawan.

“Memasuki musim kemarau saat ini tentu kita harus terus waspada. Sejauh ini dalam mengatasi kebakaran BPBD mengalami beberapa kendala, seperti lokasi yang tidak bisa terjangkau karena berada di tengah-tengah hutan serta sumber air yang jauh,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Agus Tantomo menyampaikan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan ini diperlukan peringatan dini. Sehingga api di lokasi tidak sampai membesar dan kebakaran juga tidak menjadi luas.

“Langsung diatasi kalau ada titik api. Ini yang dinamakan peringatan dini. Sehingga tidak meluas dan melebar hingga jauh,” tegasnya.

Ditambahkan Bupati Muharram dalam menyelesaikan persoalan ini perlu adanya pemahaman kepada masyarakat. Ia menyakini bahwa kesadaran dari masyarakat sangat berpengaruh besar mengatasi kebakaran hutan dan lahan ini.

“Kita manfaatkan aparatur pemerintah kampung untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kebakaran hutan ini memberikan kerugian besar bagi kita semua,” imbuhnya.

Ia pun mengarahkan agar gerakan ini bisa dilaksanakan juga ditingkat kampung secara masif. Dengan mengelar rapat koordinasi bersama masyarakat.

“Adakan rapat terpadu juga di tingkat kecamatan dan kampung. Sehingga ada kepedulian bersama untuk mengatasi masalah ini dengan kompak,” pungkasnya. (hms5)



» Terimakasih telah membaca: Lakukan Koordinasi, Antisipasi Kebakaran Hutan Sejak Dini

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 28, 2019

0 comments :

Post a Comment