-->

Majukan Perekonomian, PT Berau Coal Kembangkan Pertanian Bersama Masyarakat

Posted by PORTALBERAU on 13 August 2019


SAMBALIUNG, PORTALBERAU- PT Berau Coal bersama masyarakat Kampung Gurimbang, RT 4, Kecamatan Sambaliung melakukan penanaman padi sekitar pukul 08.00 Wita, Selasa (13/8/2019) pagi tadi. 


Padi yang ditanam dilahan seluas 1 Hektare ini merupakan langkah awal atau percobaan untuk mengembangkan padi baru dari balai benih Bogor. Selain itu, pertanian ini pun untuk melihat sejauh mana perkembangan potensi yang dimiliki para remaja yang telah selesai pelatihan di Cianjur, Jawa Barat beberapa bulan lalu.

General Manager CSR, PT Berau Coal, Horas Parsaulian Pardede mengungkapkan jika hal ini juga merupakan salah satu program lanjutan dari TLF atau pelatihan para remaja yang ada di lingkaran tambang. Sementara ini, dicoba mengembangkan bibit padi baru dengan kwalitas yang bagus ini.

"Padi yang kita datangkan ini, sebenarnya belum dipasarkan, tapi kita coba dulu disini dan ini juga buat kepentingan masyarakat," ungkapanya.


Lanjutnya, setelah padi-padi ini panen, pihak perusahaan akan membeli dan akan diberi merk dengan kemasan yang lebih baik. Hal ini dianggap bisa membantu perekonomian masyarakat juga kedepannya. 

"Selama ini yang menjadi kendala soal pemasaran produk-produk ini sendiri. Tapi, hasil panen ini akan kami beli dan dikemas dengan baik seperti produk lain yakni coklat, aren, madu dan beras," ucapnya. 

Muhammad Riyanto salah seorang peserta didik The Learning Farm (TLF) di Cianjur mengungkapkan juga hasil dari pelatihan akan diterapkan di Kampung dalam bidang pertanian. Karena padi yang ditanam merupakan padi baru, ia merasa masih perlu pengawasan yang lebih terutama juga terkait pemberian pupuk.

"Ini padi jenis baru, ada dua yakni Inprida Padi Rawa (Inpara) dan Pari. Ini jenis baru, dan semoga hasilnya nanti memuaskan," ujarnya

Riyanyo juga memiliki keyakinan juga apa yang dilakukan ini dapat berkembang di Kampung bahkan di Kabupaten Berau dengan melihat potensi kebutuhan air yang ada. Ia juga berharap kerjasama dengan PT Berau Coal ini bisa terus berlangsung demi peningkatan ekonomi masyarakat Kampung Gurimbang.

"Semoga ini bisa menjadi langkah yang baik untuk menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat. Kami juga ucapkan terimakasih kepada PT Berau Coal yang sudah membantu dalam bidang pertanian ini," ujarnya. 

Sementara itu, salah seorang warga, Lasinem mengaku Senang dengan adanya kegiatan penanaman padi ini. Meski ia pribadi belum mengatahui hasil panennya Seperi apa. Namun ia berharap hal ini bisa membantu masyarakat dalam hal perekonomian. 

" Kami senang dengan adanya kegiatan ini, kami ucapakan Terimakasih kepada PT Berau Coal, selain membantu anak-anak dengan pelatihan kemarin, kali ini juga penanaman padi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkasya. (*)


» Terimakasih telah membaca: Majukan Perekonomian, PT Berau Coal Kembangkan Pertanian Bersama Masyarakat

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 13, 2019

0 comments :

Post a Comment