-->

20 Relawan Ikuti Diksar PMI Berau

Posted by PORTALBERAU on 1 October 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Genap 10 hari, Palang Merah Indonesia Kabupaten Berau mengadakan Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) selama 120 jam penuh. Yang pelaksanaannya dimulai pada tanggal 20 hingga 29 September 2019.


Kegiatan ini merupakan bagian dalam peningkatan kapasitas para relawan PMI. Dengan memberikan pendidikan sikap dan keterampilan kepada para relawan yang ada.
Dalam pelaksanaanya, Diksar ini diikuti oleh 20 relawan yang terdiri dari 15 peserta dari PMI Berau dan 5 peserta dari PMI Kutai Timur. Sementara untuk pelatih didatangkan dari PMI Provinsi Kalimantan Timur dan PMI Kabupaten Berau.
Pengurus Bidang Relawan, Fitrial Noor menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian PMI Kabupaten Berau dalam meningkatkan kapasitas para relawan. 
“Kedepannya kami akan mengadakan pelatihan seperti ini lagi dengan sasaran para relawan Markas PMI Kabupaten yang akan kami buka lagi pendaftarannya dan relawan yang ada di Markas PMI Kecamatan,” jelasnya.
Sementara itu Ketua PMI Berau, Agus Tantomo menegaskan agar para relawan yang diberikan pelatihan ini, setelah mendapatkan bekal dan keterampilan agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan penuh keihlasan serta selalu bersikap netral dalam menolong sesama. 
Ia pun mengharapkan agar para relawan ini selalu dalam kondisi siap sedia jika diperlukan tenaga dan keterampilannya dalam membantu mengatasi persoalan kemanusiaan, seperti kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana, pertolongan pertama maupun membantu menjaga ketersediaan darah di PMI. 
“Yah kita berharap tidak terjadi bencana alam atau masalah lainnya. Tapi kita tidak bisa tepis atas kejadian yang bakal terjadi. Sehingga kita perlu mempersiapkan diri sejak dini. Apa saja yang perlu dipahami dalam menyelesaikan persoalan di lapangan,” ujarnya saat menutup Diksar ini, Minggu (29/9) malam.
Kedepannya, PMI juga akan melanjutkan pelatihan pendidikan dasar ini, sesuai dengan kebutuhan yang ada. Sehingga seluruh relawan termasuk di kecamatan memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menghadapi persoalan yang ada di lapangan. 
“Setelah relawan ini mendapatkan pelatihan dasar, nanti mereka akan melanjutkan lagi pelatihan spesialisasi sesuai minat dan bakat masing-masing relawan serta kebutuhan Markas PMI Kabupaten Berau,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: 20 Relawan Ikuti Diksar PMI Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 01, 2019

0 comments :

Post a Comment