-->

33 Guru Dilatih, Diharap Bisa Menularkan ke Guru Lain

Posted by PORTALBERAU on 31 October 2017



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Berau bersama yayasan Agungkan Guru Indonesia (AGI) Berau menggelar pelatihan guru sekolah dasar (SD) mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). 33 guru dari SD inti mengikuti pelatihan yang rencananya digelar selama 4 hari sejak tanggal (30/10/2017) hingga Kamis (2/10/2017) mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Berau, Basri Sahrin, mengungkapkan pendidikan dan pelatihan yang digelar bekerjasama dengan AGI Berau disampaikannya dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, khususnya guru IPA ditingkat sekolah dasar. Mereka yang mengikuti pelatihan adalah guru dari SD binaan yang menjadi percontohan. Sehingga diharapkan para guru yang telah mengikuti diklat diharapkan akan bisa menularkan apa yang telah diterima kepada guru guru di sekolah lainnya. 

“Bagaimana pun materi yang disajikan merupakan dasar dasar dalam rangka penyiapan penyusunan soal USBN (ujian sekolah berstandar nasional). Sehingga para guru kami harapkan bisa menyerap materi yang disampaikan,” ungkapnya.

Diklat yang didukung AGI Kabupaten Berau ini disampaiannya sebagai bentuk perhatian dari mereka yang peduli terhadap pendidikan. AGI Berau yang terbentuk sejak 2002 lalu dikatakannya turut membangun dunia pendidikan di Bumi Batiwakkal. 

Dengan koordinasi yang baik dan bersinergi dalam menjalankan program diharapkannya akan turut meningkatkan kualitas pendidikan Kabupaten Berau. Saat ini disampaikan Basri, jumlah sekolah di kabupaten Berau untuk tingkat SD terdapat 163 tersebar di 12 kecamatan degan 155 SD negeri dan selebihnya swasta. Sementara untuk SD sederajat yaitu Madrasah Ibtidayah terdapat 6 dengan 1 diantaranya berstatus negeri.

Sementara Asisten I Setkab Berau, Anwar, menyambut baik dan mengapresiasi gelaran pendidikan dan pelatihan bagi guru SD mata pelajaran IPA kerjasama AGI Berau. Diklat ini menurutnya penting dalam rangka meningkatkan kompetensi hingga menjadi guru profesional. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya mata pelajaran IPA. 

“Kami berpesan agar dapat mengikuti diklat ini dengan baik hingga tuntas, sehingga materi yang diterima dapat diimplementasikan dengan baik,” ungkapnya.

Pembangunan pendidikan dikatakannya menjadi perhatian serius dan program prioritas Pemkab Berau. Melalui pengembangan pendidikan akan mencetak generasi masa depan. Terlebih pendidikan ditingkat sekolah dasar yang harus diberikan dengan maksimal, sehingga kompetensi guru juga sangat penting. 

“Meskipun kualitas anak tidak hanya dari sekolah, namun juga yang terpenting harus dimulai dari keluarga,” tandasnya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik, Mardiatul Idalisah, mengungkapkan materi yang diberikan merupakan materi dasar dasar IPA dan pembelajaran untuk jenjang SD. Dengan pola pelaksanan diklat dimana peserta dari SD intinya ini akan menjadi instruktur atau fasilitator didaerah sebagai penggerak atau pengimbasan kegiatan melalui wadah kelompok kerja guru (KKG) pada masing masing gugus inti. 

“Kegiatan ini sepenuhnya ditanggung oleh Yayasan AGI Kabupaten Berau,” ucapnya. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: 33 Guru Dilatih, Diharap Bisa Menularkan ke Guru Lain

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 31, 2017

0 comments :

Post a Comment