-->

Dukung Pariwisata, Ini yang Disiapkan Pemkab

Posted by PORTALBERAU on 26 October 2017



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU — Sesuai target pemerintah daerah dalam pengembangan wisata dengan fokus mendatangkan wisatawan mancanegara serta menyuguhkan destinasi wisata bawah air, sarana pendukungnya pun sudah dipersiapkan.
Dokumen Humas Pemkab
Seperti di Puskesmas Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan saat ini dilengkapi dengan fasilitas terapi oksigen hiperbarik.

Hiperbarik adalah terapi pengobatan menggabungkan oksigen murni dan tekanan udara di dalam ruang udara bertekanan tinggi (RUBT) alias Hyperbaric Chamber. 

Berbeda dengan oksigen biasa yang diangkut darah, oksigen bertekanan udara tinggi mudah larut ke seluruh jaringan tubuh yang ada cairan, dari darah, sistem getah bening, saraf, hingga tulang. Semakin banyak oksigen terserap, akan semakin baik bagi kemandirian tubuh dalam memperbaiki jaringan yang rusak.

Kepala Puskesmas Tanjung Batu, Sopyansyah, mengatakan keberadaan hiperbarik ini sangat tepat berada di Kampung Tanjung Batu sebagai pintu gerbang pariwisata bahari Berau. Pasalnya hiperbarik juga sangat penting bagi para wisatawan pecinta selam yang berwisata di Berau. Sehingga keberadaan hiperbarik juga akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. 

“Jadi tidak hanya masyarakat, namun juga untuk para wisatawan pecinta selam. Jadi perangkat ini mendukung dunia kesehatan dan dunia pariwisata,” ungkapnya.

Untuk mengoptimalkan hiperbarik ini, dijelaskannya juga telah didukung oleh operator terlatih. Bahkan melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas Tanjung Batu telah memberikan pelatihan lanjutan kepada para operator dan tenaga medis yang nantinya mengoperasikan alat ini. 

Begitu juga dengan penambahan fasilitas pendukung agar perangkat ini benar benar berfungsi maksimal untuk memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. 

“Kalau operatornya sudah kita siapkan dan juga ada yang sudah dilatih di daerah,” jelasnya.

Hal ini pun mendapat dukungan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Mappasikra Mappaseleng. Menurutnya, dengan adanya fasilitas ini akan memberikan dukungan bagi perkembangan dunia wisata di Bumi Batiwakkal. 

Apalagi di Pulau Kalimantan, fasilitas ini hanya ada di Kabupaten Berau saja. Tentu dengan wisata bawah air yang sudah sangat mendunia, fasilitas hiperbarik chamber ini akan menambah nilai lebih bagi wisatawan yang berkunjung. 

“Jadi wisatawan yang datang itu kan dilihat dulu fasilitas apa saja yang ada di sana. Karena fokus kita menjual bawah laut maka hiperbarik chamber ini sangat sejalan dengan program pengembangan wisata kita,” ujarnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Dukung Pariwisata, Ini yang Disiapkan Pemkab

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 26, 2017

0 comments :

Post a Comment