-->

Lima Puskesmas Siapkan Akreditasi

Posted by portal on 10 October 2017


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Keluhan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan menjadi salah satu target Pemkab Berau. Selain telah menyediakan layanan melalui Puskesmas, pemerintah menuntut pelayanan prima kepada masyarakat. Salah satunya Puskesmas yanga da memiliki standar pelayanan dan kesiapan lainnya melalui akreditasi. Kini ada 5 Puskesmas yang kembali disiapkan untuk penilaian akreditasi.

Sebelumnya, di Berau sudah ada 5 yang diakreditasi. Puskesmas yang diusulkan tahun ini 4 diantaranya berada di kecamatan wilayah pesisir selatan Berau, diantaranya Kecamatan Biatan, Talisayan, Batu Putih dan Biduk Biduk. Satu lagi Puskesmas Merancang Ulu di Kecamatan Gunung Tabur.
Keterangan Sekretaris Dinas Kesehatan drg Bambang Sunarto, Akreditasi dilakukan secara bertahap. Pihaknya berharap seluruh puskesmas yang saat ini jumlahnya 21 tersebar di 13 kecamatan dapat terakreditasi. Untuk itu seluruh puskesmas terus didorong untuk memenuhi syarat syarat yang ditetapkan untuk bisa terakreditasi. “Kita ada 21 puskesmas dan 5 sudah terakreditasi tingkat dasar, tahun ini ada 5 yang juga bersiap mengikuti penilaian akreditasi,” ungkapnya.
Adapun yang telah terakreditasi tingkat dasar diantaranya Puskesmas Tanjung Redeb, Puskesmas Bugis di Kecamatan Tanjung Redeb, serta Puskesmas Sambaliung, Gunung Tabur dan Teluk Bayur. Meskipun sudah terakreditasi namun lima puskesmas ini juga tetap dalam monitoring dan evaluasi.
Dalam kurun waktu tiga tahun sejak teakreditasi dasar, untuk nantinya dapat ditingkatkan atau malah turun ketika ada persyaratan yang tidak terpenuhi. “Jadi yang sudah terakreditasi juga tetap dalam pendampingan dan pembinaan,” jelasnya.
Sementara yang diusulkan pada tahun ini dijelaskan Bambang, sudah dalam tahap pendampingan tim dari Dinas Kesehatan. Seluruh puskesmas yang diusulkan juga telah melengkapi dokumen sebagai syarat akreditasi.
“Sekarang dalam pendampingan tim supervisi dari kabupaten yang terus mensuport tim akreditasi puskesmas yang bersiap mengikuti penilaian akreditasi pada tahun ini,” ucapnya.
Upaya untuk menjadi puskesmas terakreditasi disampaikan Bambang juga mendapat dukungan dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus. Dengan upaya ini diharapkan puskesmas dapat lebih optimalkan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. selain itu melaluin tahapan penilaian akreditasi yang dilakukan diharapkan juga dapat mengetahui apa apa yang perlu mendapat perhatian dan harus dilengkapi untuk menjadi puskesmas terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat.

» Terimakasih telah membaca: Lima Puskesmas Siapkan Akreditasi

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 10, 2017

0 comments :

Post a Comment