-->

Modal Pekarangan Rumah, Bisa Kurangi Ketergantungan Pangan dari Luar Daerah Lhoooo!!!

Posted by PORTALBERAU on 31 October 2017

ISTIMEWA
TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Pemerintah Kabupaten Berau, sedang menjalankan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pangan dari luar daerah, selain itu diharapkan juga akan terwujud masyarakat yang mandiri pangan.


Program tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai ketahanan dan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga. Konsep yang diterapkan dalam program ini yaitu pemanfaatan lahan pekarangan keluarga, baik di pedesaan maupun perkotaan untuk dikembangkan menjadi lahan pertanian keluarga. 

“Dengan KPRL ini diharapkan kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta mengembangkan ekonomi produktif dapat terpenuhi. Selain itu KPRL ini dapat menciptakan lingkungan hijau, bersih dan sehat,” jelas Kepala Dinas Pangan BerauPattah Hidayat.

Pengembangan KPRL ini sendiri telah sukses dikembangkan di Kota Balikpapan dan beberapa kabupaten lain di Kaltim. Saat ini Dinas Pangan telah bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kaltim serta instansi terkait lainnya dalam mendukung program KPRL ini. Program ini pun dijalankan bertahap. Saat ini KPRL sudah dijalankan di dua kecamatan, Segah dan Gunung Tabur. Diharapkan program ini dapat tersebar hingga ke seluruh kecamatan.

“Kita ingin kedepannya masyarakat tidak selalu bergantung pada kebutuhan pasar. Jadi sudah bisa terpenuhi melalui program ini dan menghemat pengeluargan keluarga,” ujar Pattah.

Tanaman yang dipilih untuk KRPL ini adalah tanaman pangan alternatif dan tanaman komersial berbasis gizi keluarga, seperti cabai, terong, sawi, seledri, pepaya, ubi, talas dan lainnya serta pengembangan budidaya ternak dan perikanan kolam. Dengan mekanisme dikembangkan di kebun kelurahan atau desa yang menghasilkan bibit tanaman, untuk dibagikan kepada rumah tangga.

Selain itu kebun produksi kelurahan atau desa ini juga dapat memproduksi langsung bahan pangan alternatif dan sayuran ini untuk ketahanan masyarakat setempat. Kegiatan ini telah mampu menekan pengeluaran keluarga di perkotaan terhadap kebutuhan pangan sehari-hari. 

“Jika tiap keluarga memiliki kebun pangan sendiri di pekarangan, pengeluaran untuk pembelian sayur dapat dialihkan untuk kebutuhan lain, karena sebagian kebutuhan dapat dipenuhi dari hasil sendiri,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Modal Pekarangan Rumah, Bisa Kurangi Ketergantungan Pangan dari Luar Daerah Lhoooo!!!

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 31, 2017

0 comments :

Post a Comment