-->

Ada Pembangunan di Pulau Kakaban, Wabup Angkat Bicara

Posted by marta on 18 November 2017

sumber : kompasiana.com

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, dengan tegas melarang untuk mendirikan bangunan guna usaha apapun di daerah wisata Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau. 

Hal tersebut merupakan bagian dari upaya menyelamatkan pulau tempat habitat ubur-ubur tak menyengat tersebut. Jika ada yang melanggar, Agus menyatakan siap untuk melakukan pembongkaran.

Usai kegiatan memperpanjang dermaga speed boat, belakangan justru berembus kabar adanya pembangunan di Pulau Kakaban. Pembangunan diketahui berupa pendirian kafe, bahkan beredar gambar aktivitas pembangunan tersebut tepat berada dibibir pantai. 

Bangunan tersebut, digadang-gadang akan dijadikan kafe yang dibangun salah seorang pengusaha resort di Pulau Derawan. Terkait hal itu, Agus menyebut dirinya telah meminta penjelasan dari Camat Maratua.

"Tidak ada bangunan kafe di sana, saya sudah telpon langsung Camatnya dan mengatakan itu bukan untuk kafe," ungkapnya.

Dengan larangan mendirikan bangunan di Pulau Kakaban, dikatakannya merupakan upaya mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dari limbah rumah tangga yang akan berpengaruh pada Pulau Kakaban. 

Saat ini, Pulau Kakaban hanya membutuhkan perawatan dan pengawasan terkait sampah yang masih kerap ditinggalkan pengunjung ataupun sampah kiriman, sehingga saat ini ada penunjukkan pihak swasta yang akan mengelola dan menangani permasalahan sampah di Pulau Kakaban.

"Prediksi saya sih bangunan itu untuk kantor mereka, karena bangunannya belum jadi ya jadi belum kelihatan," lanjutnya. 

Tak hanya itu,  Agus juga telah menginstruksikan kepada Camat agar pihak yang mendirikan bangunan tersebut bersedia membuat surat pernyataan bersedia bangunannya dibongkar, jika sewaktu-waktu Pulau Kakaban harus steril dari bangunan.

Pulau Kakaban sebelumnya telah ditetapkan Pemerintah Daerah sebagai kawasan konservasi, untuk itu segala bentuk pembangunan usaha maupun rumah penduduk tidak akan mendapatkan izin dari Pemerintah Daerah Berau. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Ada Pembangunan di Pulau Kakaban, Wabup Angkat Bicara

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 18, 2017

0 comments :

Post a Comment